Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Masih "Momong" Warga Rusun Marunda

Kompas.com - 15/02/2013, 11:08 WIB
Indra Akuntono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo mengaku akan terus me-momong warga yang direlokasi ke Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa) Marunda, Jakarta Utara. Warga di rusun tersebut akan terus dilayani dengan fasilitas pemberian makan tiga kali sehari dan transportasi antar-jemput gratis dari Marunda ke Muara Baru.

"Ya, sedikit demi sedikitlah, kalau kita rasa sudah siap, ya dilepas. Jangan sampai ada ketergantungan," kata Jokowi di Balaikota Jakarta, Jumat (15/2/2013).

Perlu diketahui, warga Jakarta Utara yang terkena dampak banjir besar pada bulan lalu direlokasi ke Rusun Marunda. Selain diberikan gratis selama dalam masa transisi darurat bencana, warga juga dilayani dengan makanan gratis dan beberapa unit bus gratis untuk mengantar warga dari rusun tersebut ke Muara Baru.

Batas waktu transisi darurat bencana dimulai pada 28 Januari-26 Februari 2013. Menurut Jokowi, yang menjadi prioritas saat ini adalah menggenjot proses renovasi rusun tersebut sehingga jumlah rusun yang bisa digunakan berbanding lurus dengan jumlah warga yang berminat.

Sampai hari ini, masih banyak warga yang mengantre di rusun tersebut. Pasalnya, sebagian unit rusun dalam kondisi rusak dan belum layak untuk dihuni.

Di Rusun Marunda terdapat ribuan unit rusun yang berasal lebih dari 26 blok. Hingga saat ini, baru sekitar 500 unit yang siap dan telah dihuni. Pemberian rusun ini diprioritaskan untuk warga yang terkena dampak banjir, seperti warga di sekitar Waduk Pluit dan Penjaringan.

"Kita lihat lapangan, yang penting selesaikan (renovasi) Rusun Marunda secepatnya. Mungkin besok Minggu saya dengan Pak Wagub akan ke sana biar segera rampung, terutama air, listrik, dan carikan lagi bantuan dari CSR untuk Marunda dan lain-lain," kata Jokowi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com