Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siang Ini, Jokowi Coba "Waterway"

Kompas.com - 15/02/2013, 12:58 WIB
Indra Akuntono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo rencananya akan menguji coba transportasi air (waterway) di Marunda, Jakarta Utara, pada Jumat (15/2/2013) siang ini. Sebelumnya, pada Kamis (14/2/2013), seremonial peresmian waterway telah dilakukan bersamaan dengan diresmikannya jalur transjakarta Koridor XII di selter Museum Fatahillah, Jakarta Barat.

"Nanti habis (shalat) Jumat, ikut semua, nanti di sana," kata Jokowi di Balaikota Jakarta, Jumat (15/2/2013).

Moda transportasi alternatif ini dipilih guna memudahkan warga Muara Baru yang mengalami kesulitan akses transportasi menuju Rusun Marunda. Selain itu, Jokowi berharap waterway dapat menekan ketergantungan warga Ibu Kota pada moda transportasi darat.

Menurutnya, menghidupkan kembali waterway adalah upaya untuk memberikan variasi dan mengembangkan transportasi massal Ibu Kota. "Karena menurut saya, itu sesuatu yang harus dikembangkan. Untuk memberikan sebuah alternatif kepada masyarakat, bisa lewat air, jalan. Pokoknya mengembangkan transportasi massal," kata Jokowi.

Mantan Wali Kota Surakarta ini berencana memberikan tarif gratis pada warga pengguna di tahap awal waterway dioperasikan. Kapal yang digunakan adalah sejenis kapal kerapu milik Dinas Perhubungan DKI.

Untuk sementara waktu, ada dua kapal yang disiapkan untuk melayani rute Marunda ke Muara Baru. Ke depannya dan secara bertahap, Pemprov DKI akan menyiapkan empat kapal lagi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com