Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anas Effendi Tak Menyangka Dirotasi Jokowi

Kompas.com - 15/02/2013, 16:14 WIB
Alsadad Rudi

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Mantan Wali Kota Jakarta Selatan Anas Effendi tidak menyangka akan dimutasi dari jabatannya. Ia baru tahu akan dipindahtugaskan menjadi Kepala Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah DKI Jakarta pada Rabu (13/2/2013) malam atau tak sampai sehari sebelum pelantikan untuk jabatan baru.

Sekretaris Kota Administratif Jakarta Selatan Usmayadi mengatakan, Anas kaget ketika mendapat informasi mendadak mengenai mutasi tersebut. "Sebenarnya Rabu malam (malam sebelum pelantikan) itu dia baru diberitahu, dia kaget karena mendadak. Beliau juga tidak tahu mau dimutasi," kata Usmayadi, Jumat (15/2/2013) di kantor Wali Kota Jakarta Selatan.

Anas akhirnya tidak menghadiri pelantikan di Balaikota Jakarta pada Kamis (14/2/2013) siang. Padahal, Jokowi (sapaan Joko Widodo) akan melantik Anas untuk jabatan baru sebagai Kepala Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah. Jabatan Wali Kota Jakarta Selatan hingga Jumat siang masih lowong karena Jokowi belum mengumumkan orang yang akan menggantikan Anas.

Usmayadi mengatakan, meski saat ini mereka tidak memiliki pimpinan, proses birokrasi tetap akan berjalan normal karena program kerja 2013 telah ditetapkan sejak awal. "Kita tetap bekerja karena itu sistem, melanjutkan program kerja 2013 saja. Program kerja kan sudah punya anggaran khusus, tidak boleh diubah. Anggaran itu yang mematok kita untuk bekerja," kata Usmayadi.

Anas ditunjuk sebagai Wali Kota Jaksel oleh gubernur periode lalu, Fauzi Bowo, pada Desember 2011. Dia sudah menjabat selama hampir 14 bulan sebagai Wali Kota Jaksel. Anas menjadi satu dari 20 pejabat yang mengalami mutasi yang diumumkan pada Kamis siang kemarin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com