Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ditanya Soal Mutasinya, Anas Effendi: "No Comment!"

Kompas.com - 15/02/2013, 16:20 WIB
Kurnia Sari Aziza

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Tak disangka, mantan Wali Kota Jakarta Selatan Anas Effendi siang ini menyambangi Balaikota DKI Jakarta. Wartawan yang biasa bertugas meliput di Balaikota DKI pun segera mendekatinya dan mengajukan beberapa pertanyaan, tetapi Anas menjawab, "No comment!"

Awalnya, Anas bertemu dengan Gubernur DKI Joko Widodo tanpa sepengetahuan wartawan. Sekitar pukul 15.00 WIB, Anas Effendi yang didampingi stafnya menyambangi Wakil Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama.

Sekitar 15 menit, dia bertemu dengan Basuki. Bahkan, saat Basuki sudah keluar dari ruangannya untuk menuju Gedung Unit Kerja Presiden Bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan (UKP4), Effendi Anas masih berdiam diri di dalam ruang tamu Basuki. Setelah sekitar 10 menit kemudian, Anas Effendi keluar dari ruangan Basuki.

Sontak wartawan yang menunggunya di luar ruangan pun langsung menyapa dan mencecar Anas dengan berbagai pertanyaan. Saat ditanyakan terkait pertemuannya dengan Basuki, Anas menjawab kalau ia hanya memberikan laporan saja kepada Jokowi dan Basuki. Namun, saat ditanya terkait pemindahannya menjadi Kepala Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah (BPAD) DKI, dia hanya menjawab singkat dengan nada ketus.

"No comment," kata Anas, di Balaikota Jakarta, Jumat (15/2/2013).

Kemudian saat dipastikan kembali terkait pertemuannya dengan Jokowi Basuki, Anas kembali terdiam dan memalingkan mukanya dari wartawan. Wartawan pun bertanya terkait ketidakhadirannya saat pelantikan kemarin, Anas kembali enggan berkomentar. "No comment saya," ujarnya.

Wartawan pun terus mengejar Anas. Saat di depan lift, Anas pun tampak terburu-buru memencet tombol lift. Mukanya pun tampak linglung dan ia juga tampak memencet dua tombol lift (naik dan turun). Wartawan kembali bertanya, terkait pembicaraannya bersama Basuki, Anas kembali diam. Anas yang saat itu menggunakan baju sadariah khas Betawi pun tampak gugup, berkeringat, dan matanya pun tampak memerah dan sedikit berair.

Tak berhenti di situ, wartawan kembali bertanya, apakah Anas juga bertemu Jokowi? Anas kembali diam. Saat ditanyakan terkait rencana Anas di tempat kerjanya yang baru, Anas kembali tidak mau menjawab. Wartawan bertanya kembali kepada Anas, apakah ia hari ini telah mulai memasuki kantor barunya di Perpustakaan Daerah. Anas buru-buru masuk lift dan dia menjawab singkat. "Nantilah, no comment-lah," jawabnya.

Wartawan pun sempat kesulitan mengambil foto Anas karena ia sering memalingkan mukanya dari wartawan dan ia kerap terlihat menunduk. Saat di lift pun wartawan sempat menahan lift yang dinaiki oleh Anas sehingga pintunya tidak tertutup, tetapi wartawan kembali tidak berhasil mendapatkan foto Anas.

Anas pun akhirnya keluar dari lift, melewati kerumunan wartawan dan turun berlari menggunakan tangga. Wartawan kembali mengejar dia dan melempar pertanyaan kepadanya terkait isu pengunduran dirinya dan mengajukan pensiun dini. Anas kembali terdiam dan hanya staf perempuannya yang menjawab pertanyaan tersebut.

"Enggaklah! Kenapa juga mengundurkan diri," kata staf Anas bernama Meti.

Berita terkait, baca:

100 HARI JOKOWI-BASUKI

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com