Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Basuki: Anas Tanya, Apa Kesalahannya sehingga Diganti

Kompas.com - 15/02/2013, 18:53 WIB
Kurnia Sari Aziza

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Wakil Gubernur Basuki Tjahaja Purnama mengaku telah bertemu mantan Wali Kota Jakarta Selatan Anas Effendi. Dalam pertemuan itu, Anas bertanya apa kesalahannya sehingga dimutasi menjadi Kepala Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah (BPAD) DKI.

"Mengobrol saja, ya terkait mengapa beliau diganti saja. Ya, dia tanya salahnya apa selama menjadi Wali Kota," kata Basuki di Balaikota Jakarta, Jumat (15/2/2013).

Mendengar pertanyaan Anas itu, Basuki menjelaskan bahwa dia tidak memiliki kesalahan. Menurut Basuki, jika kinerja birokrasi Jakarta Selatan tidak bagus, yang akan dirotasi semua pejabatnya.

"Kalau kinerja jelek pasti semuanya sama wakilnya diganti kan? Ini kan wakilnya justru kita naikkan, berarti bukan masalah kinerja. Ini hanya soal rotasi saja," kata Basuki.

Basuki pun menghibur Anas. Menurutnya, jabatan yang dia sandang saat ini sangat berarti untuk mengatasi segala urusan Ibu Kota. Jabatan sebagai Kepala BPAD DKI, kata Basuki, juga akan membuat seseorang menjadi lebih pintar.

"Ya, bagus dong. Malah lebih pintar kalau dipindah ke sana. Perpustakaan itu penting lho, karena itu mengurusi arsip seluruh Jakarta," kata Basuki.

Jabatan sebagai Kepala BPAD DKI, kata Basuki, saat ini memang sedang kosong, karena Kepala BPAD terdahulu, Maman Achdiyat, sudah memasuki masa pensiun. Oleh karena itu, segera diperlukan orang yang tepat untuk menempati posisi tersebut.

Selain itu, Basuki juga menjelaskan kalau rotasi pejabat eselon II tidak hanya didiskusikan oleh Jokowi dan Basuki. Tetapi, juga didiskusikan bersama pihak lainnya, termasuk Sekretaris Daerah DKI Fadjar Panjaitan.

"Ya kan karena Pak Maman Achdiyat-nya pensiun, jadi posisi Kepala BPAD itu kosong. Terus Pak Sekda usul yang paling tepat di arsip dan perpustakaan itu Pak Anas yang Wali Kota Jakarta Selatan. Kita tanya dong ke Pak Sekda, siapa yang akan menggantikan sementara Pak Anas sebagai Wali Kota, beliau bilang ada wakilnya, jadi ya sudah aman," tutur mantan Bupati Belitung Timur tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com