Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Minta Tarif "Waterway" Murah

Kompas.com - 15/02/2013, 19:15 WIB
Indra Akuntono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Tarif angkutan air (waterway) diupayakan dibuat semurah mungkin. Dengan suntikan subsidi, ditargetkan tarifnya setara dengan tarif angkutan darat.

Saat menguji coba wateraway dari Marunda ke Muara Baru, Jokowi meminta Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Udar Pristono untuk membuat formulasi khusus agar tarif waterway menjadi semurah mungkin.

"Berarti subsidinya ini harus digedein. Paling tidak, minimal sama dengan transportasi darat," kata Jokowi di Muara Baru, Jakarta Utara, Jumat (15/2/2013).

Secara terpisah, Udar Pristono menjelaskan bahwa dalam perhitungannya, tarif waterway ada di kisaran Rp 25.000. Tarif itu 50 persen lebih murah dibandingkan dengan rute menuju Pulau Seribu yang dipatok tarif Rp 50.000.

Namun begitu, menjawab keinginan Jokowi, ia berjanji akan menekan tarif waterway menjadi lebih murah lagi. Sebagai perbandingan, jika menggunakan angkutan darat, dari Marunda ke Muara Baru, diperlukan ongkos sekitar Rp 12.500, dengan berganti jenis angkutan sebanyak tiga kali.

"Iya, nanti diturunin, yang jelas Pulau Seribu kan Rp 50.000. Kalau ini (kapal) ya nanti sepertiganya," ujar Pristono.

Selama masa percobaan, dua Kapal Motor Karapu siap mengantar warga tanpa memungut biaya. Kapal Motor Kerapu diperkuat dengan mesin 200 PK, dan sanggup melaju dengan kecepatan 25-30 knot. Setiap harinya, kapal ini akan melayani dua perjalanan pada pukul 07.00 WIB dari Marunda dan pukul 16.30 WIB dari Muara Baru.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com