Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Marunda-Muara Baru Ditempuh dalam 35 Menit

Kompas.com - 16/02/2013, 03:07 WIB

Jakarta, Kompas - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berencana mengembangkan angkutan air di sejumlah wilayah Jakarta. Langkah ini diambil untuk mengurangi kemacetan di jalan.

Saat ini baru rute Marunda-Muara Baru yang sudah dioperasikan. Dalam uji coba Jumat (15/2), jalur perintis moda transportasi air di lintasan Muara Baru-Marunda, yang menggunakan moda kapal cepat, ditempuh dalam waktu 35 menit.

”Jika menggunakan angkutan kota, waktunya paling tidak 2 jam. Jadi, angkutan air ini sangat cepat dan membantu kami,” ujar Muslim (31), salah seorang penumpang kapal cepat itu, Jumat.

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo, saat menguji coba rute kapal Marunda-Muara Baru, mengatakan, transportasi air (waterways) ini tidak hanya akan dilakukan di laut, tetapi juga di sungai, Kanal Timur, dan Kanal Barat. ”Kita lihat pasarnya nanti,” ujar Jokowi.

Menurut Jokowi, setelah rute Marunda-Muara baru, akan dibuka juga rute Duren Sawit-Marunda-Ancol-Muara Baru-Muara Angke.

Layanan kapal cepat rute Marunda-Muara Baru telah efektif dioperasikan kemarin, dengan mengangkut belasan penumpang warga Rusunawa Marunda yang bekerja di Muara Baru. Ada dua kapal jenis kerapu berdaya tampung masing-masing 24 orang yang dikerahkan. Kedua kapal ini sebelumnya melayani rute Muara Angke-Kepulauan Seribu.

Layanan angkutan gratis dari Muara Baru ke Marunda berlangsung selama tiga bulan pertama. Selanjutnya, akan ditetapkan tarif sesuai ketentuan.

”Ketentuan tarif itu nanti menunggu arahan gubernur karena ini menyangkut pelayanan kepada warga,” kata Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Udar Pristono.

Layanan angkutan gratis kepada warga Muara Baru diberikan karena mereka dianggap sebagai korban banjir pada 17 Januari lalu. Layanan transportasi air ini untuk sementara baru berlangsung dua kali sehari.

Mengubah budaya

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com