Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yati Si Pemulung Akhirnya Pulang Kampung

Kompas.com - 18/02/2013, 13:36 WIB
Zico Nurrashid Priharseno

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Masih ingat dengan Mak Yati, seorang pemulung yang menyumbangkan dua ekor kambing untuk kurban pada Idul Adha 10 Dzulhijjah 1433 H? Impian Yati untuk pulang dan mempunyai rumah di kampung halaman akhirnya menjadi kenyataan.

Kementerian Sosial telah menepati janjinya membuatkan rumah untuk Yati dan suaminya, Maman, di kampung halaman mereka di Kelurahan Kertosari, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur. Pasangan ini mendapatkan tanah seluas 100 meter persegi dengan luas bangunan 45 meter persegi.

"Apa yang kita berikan, uang itu adalah uang rakyat, bukan dari kantong menterinya. Ini hak bagi mereka yang membutuhkan," kata Menteri Sosial Salim Segaf di Kementerian Sosial, Jl Salemba, Jakarta Pusat, Senin (18/2/2013).

Kementerian Sosial secara simbolik juga memberikan dua tiket kereta api jurusan Surabaya yang akan berangkat pukul 17.00 WIB, Senin (18/2/2013), untuk membawa Yati dan suaminya pulang kampung halaman. Dua tiket itu juga langsung diserahkan Mensos.

"Saya tidak tahu harus membalas pakai apa, saya nangis bukan karena senang, tapi saya malu nanggung beban. Boro-boro rumah, surat dan KTP pun saya tidak punya. Saya hidup dari kaki saja, sama amal ibadah," ujar Yati seraya tak kuasa membendung air mata.

Di kampung halaman, Yati dibekali modal untuk membuka usaha dan untuk melanjutkan hidup seperti yang ia inginkan. "Mau jadi petani, nanem jagung, kacang kedelai, nyari daun di hutan," ujar Yati bahagia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com