Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wagub DKI Dorong Audit Rumah Sakit

Kompas.com - 18/02/2013, 13:57 WIB
Andy Riza Hidayat

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Meninggalnya bayi bernama Dera Nur Anggraini, Sabtu (16/2/2013) pekan lalu menyita perhatian Wakil Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama. Penolakan lima rumah sakit merawat bayi itu akan diteliti kebenarannya. Basuki meminta agar dinas terkait melakukan audit informasi mengenai kebenaran informasi itu.

"Kami dorong untuk dilakukan audit ke rumah sakit yang bersangkutan. Harusnya siapa pun yang sakit di Jakarta mendapat pertolongan segera. Rumah sakit swasta, negeri, pusat dan daerah harus peduli dengan pelayanan kesehatan. Kasus seperti ini tidak boleh terulang lagi, ini pelajaran berharga bagi kita," tutur Basuki, Senin (18/2/2013) di Balaikota Jakarta.

Audit yang dimaksud perlu dilakukan karena rumah sakit yang disebut-sebut terikat kerjasama dengan DKI dalam program Kartu Jakarta Sehat (KJS). Paling tidak ada 85 rumah sakit di Jakarta yang menjalin kerjasama program KJS. Sejauh layanan kelas III masih ada, rumah sakit yang bermitra wajib memberi pelayanan. Syaratnya pasien atau keluarga pasien menunjukkan kartu tanda penduduk DKI dan belum terproteksi layanan kesehatan.

Basuki mengerti bahwa layanan kelas III rumah sakit di Jakarta jumlahnya masih terbatas. Dia mendorong pihak swasta terutama lembaga pendidikan mengembangkan layanan kelas III. "Aturan mainnya memang pelayanan program KJS di kelas III," tuturnya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com