Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

RS Budi Asih: Tidak Ada Bayi Dera Ditolak

Kompas.com - 18/02/2013, 16:58 WIB
Ariehta Eleison Sembiring

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Rumah Sakit Budi Asih, Dr Nanang Hasani mengklarifikasi bahwa pemberitaan RS Budi Asih menolak merawat almarhum bayi Dera Nur Anggraini tidak benar.

Yang datang ke RS Budi Asih bukan bayi Dera melainkan anggota keluarganya.

"Tidak ada personil RS Budi Asih menolak bayi bernama Dera. Yang datang itu keluarganya. Dengan kondisi Dera seperti yang diberitakan, maka tidak mungkin RS Zahira yang merujuknya akan membiarkan Dera dibawa tanpa kepastian RS mana yang akan menampung," katanya di Jakarta, Senin (18/2/2013).

RS Budi Asih tidak dapat merawat Dera atas alasan keterbatasan peralatan. RS ini tidak memiliki ruangan Neonatal Intensive Care Unit ( NICU) yang dibutuhkan untuk merawat bayi baru lahir yang memiliki gangguan kesehatan.

"Di RS ini, tidak ada NICU. Kalau dipaksakan dirawat justru membahayakan pasien. Alasannya bukan karena hal yang bukan-bukan itu kok," terangnya.

Bayi Dera adalah bayi yang lahir di RS Zahira dengan kondisi gangguan kesehatan berupa gangguan pernafasan. Dera terlahir kembar dengan saudara kembarnya bernama Dara. Kini Dara tengah dirawat di RS Tarakan karena berbobot sangat ringan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com