Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ke RSCM, Keluarga Tidak Membawa Dera

Kompas.com - 19/02/2013, 12:32 WIB
Zico Nurrashid Priharseno

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Pihak Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo membantah pihaknya menolak menangani pasien atas nama Dera dan Dara Nur Anggraini. Menurut RSCM, keluarga korban hanya membawa surat rujukan dari RS Zahira, apakah ada tempat di ruang neonatal intensive care unit (NICU) untuk merawat bayi tersebut.

Direktur Utama RSCM CH Soejiono mengatakan, keluarga kedua bayi tersebut datang pada Sabtu (16/2/2013) sekitar pukul 14.20. Ketika datang, keluarga tidak membawa bayi tersebut dan hanya membawa surat rujukan dari RS Zahira.

"Sebenarnya sama sekali tidak ada penolakan. Keluarga pasien itu datang bawa surat rujukan apakah ada tempat di NICU, kemudian ketika dicek ternyata tidak ada," katanya, Selasa.

Di ruang NICU rumah sakit ini terdapat 10 tempat tidur untuk ruang NICU dan ada 44 tempat tidur untuk bayi yang baru lahir. Pada saat itu terdapat tujuh pasien di ruang UGD yang menunggu untuk masuk.

"Tidak mungkin kami menerima pasien ini dan kami keluarkan pasien lain. Itulah yang terjadi sesungguhnya," tutur Soejiono.

Di dalam surat rujukan itu, tertulis bahwa pasien baru berumur satu hari dan dengan keadaan lahir prematur. "Secara medis tak diketahui penyakitnya karena pasiennya tidak dibawa ke sini dan pasien itu baru (berumur) satu hari," ujar Soejiono.

Berita terkait, baca:

IRONI KEMATIAN DERA

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com