Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KPAI Minta Menkes Segera Audit RS di Jakarta

Kompas.com - 19/02/2013, 13:59 WIB
Alsadad Rudi

Penulis

JAKARTA, KOMNAS.com - Komnas Perlindungan Anak (KPA) meminta agar Menteri Kesehatan segera melakukan audit terhadap beberapa rumah sakit di Jakarta terkait kasus meninggalnya bayi Dera Nur Anggraini setelah pengajuan rujukan pengobatannya tidak dapat dipenuhi oleh beberapa rumah sakit besar akibat terbatasnya ruang perawatan.

Hal tersebut disampaikan M Ichsan, Satgas dari KPAI yang datang mengunjungi kediaman Dera Nur Anggraini di RT 014/RW 06, Jati Baru, Kelurahan Jati Padang, Kecamatan Pasar Minggu, Jakarta Selatan pada Selasa (19/2/2013) siang.

"Kami pada kondisi melihat ada kejanggalan tentang sikap rumah sakit dengn surat yang menunjukan kondisi pasien. Karena itu, Menkes kami minta untuk lakukan audit layanan publik, apa itu pelanggaran SOP pelayanan publik atau tidak. Artinya permintaan RS itu saat ditunjukkan surat itu selalu dikatakan penuh," kata Ichsan.

Dalam kesempatan tersebut, M Ichsan datang beserta dengan tiga orang stafnya bertemu dengan Lisa Darawati (ibunda Dera) dan Herman (Ayah Elias Setya Nugroho, suami Lisa). Sementara Elias masih berada di RS Tarakan untuk mendampingi Dara, saudara kembar Dera, yang masih menjalani perawatan.

Ichsan mengatakan, kedatangan mereka untuk memberikan dorongan semangat serta sedikit santunan kepada keluarga Lisa. Ichsan menuturkan, Lisa saat ini ingin sekali bertemu dengan buah hatinya, Dara, namun karena kondisi kesehatan yang belum stabil, dia dianjurkan untuk tetap istirahat di rumah.

KPAI akan mengusahakaan agar perawatan Dara bisa dipindahkan ke RS Pasar Rebo. Hal itu akan memundahkan Lisa agar bisa bertemu dengan Dara. "Yang kami harapkan saat ini, cucunya bisa sehat dan ibunya sembuh dan bisa berkumpul kembali bersama keluarga. Lisa sekarang kondisi tidak memungkinkan karena habis sesar, dan belum bertemu anaknya karena anaknya dirawat di Tarakan. Kami akan satukan di Pasar Rebo, karena Lisa ingin menyusui anaknya. Kami sedang koordinasi dengan rumah sakit," ujar Ichsan.

Berita terkait, baca :

IRONI KEMATIAN DERA

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com