Kompas.com - 19/02/2013, 14:13 WIB
|
EditorAna Shofiana Syatiri

JAKARTA, KOMPAS.com - Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta berencana mengajukan anggaran bagi pembenahan dan penambahan fasilitas kesehatan untuk rumah sakit yang ada di DKI Jakarta. Hal ini untuk mencegah terulangnya kejadian yang dialami Dera Nur Anggraini, bayi yang tak sempat mendapatkan perawat kesehatan memadai karena penuhnya fasilitas NICU (Neonatal Intensive Care Unit) di beberapa rumah sakit.

"Anggaran yang diajukan untuk biaya penambahannya Rp 1,2 triliun untuk di 2013. Itu untuk bagian dari semua termasuk NICU," kata Dien dalam jumpa pers di Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Jakarta Pusat, Selasa (19/2/2013).

Menurutnya, saat ini dari rumah sakit yang ada di DKI Jakarta yang menyediakan fasilitas NICU total hanya memiliki 143 kamar. Jumlah itu tersebar di berbagai rumah sakit yang ada di lima kota madya di Jakarta.

Dien menyebutkan, di wilayah Jakarta Pusat, salah satunya di RSCM ada 45 kamar dengan fasilitas NICU. Untuk di Jakarta Utara terdapat 14 kamar.

Di wilayah Jakarta Barat terdapat 33 kamar. Sementara di Jakarta Timur terdapat 35 kamar dan Jakarta Selatan memiliki 16 kamar fasilitas NICU.

"143 (kamar dengan NICU) itu ada RS pemerintah atau pun swasta," ujar Dien.

Sementara dari total 147 rumah sakit di DKI, sebanyak 92 rumah sakit bekerja sama dengan pemporv DKI Jakarta melayani program KJS. "Jadi untuk aspek pembiayaan tidak ada masalah," ujar Dien.

Sementara untuk kasus serupa seperti yang dialami oleh Dera, dari perhitungan Dinas Kesehatan, Dien mengatakan satu sampai tiga persen kelahiran bayi di Jakarta memerlukan NICU. "Dari 100 kelahiran, ada 1 yang membutuhkan NICU tadi," jelas Dien.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.