Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dinkes: NICU Bayi Penuh Tak Terkait Layanan Kelas III

Kompas.com - 19/02/2013, 15:07 WIB
Robertus Belarminus

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta Dien Emawati mengakui beberapa rumah sakit yang dikunjungi keluarga Dera kekurangan fasilitas NICU. Hal itu tidak berhubungan dengan layanan kelas III.

Upaya untuk merujuk bayi Dera Nur Anggraini di 8 rumah sakit untuk mendapatkan perawatan NICU (Neonatal Intensive Care Unit), tidak dapat dilakukan. Beberapa rumah sakit menolak lantaran penuh dan tidak tersedianya fasilitas tersebut.

"Sejak awal (Dera) masuk di kelas III. Tetapi ini tidak ada hubungannya dengan kelas. Jadi rumah sakit itu ada yang penuh dan ada yang tidak ada alatnya," kata Dien dalam jumpa pers di kantor Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Selasa (19/2/2013).

Dien juga membantah bahwa fasilitas pelayanan NICU berkaitan dengan kelas kamar seorang pasien. Menurutnya, baik pada kamar dengan kelas manapun, hal tersebut tidak berkaitan dengan seseorang bisa mendapatkan pelayanan fasilitas NICU.

"(Pelayanan NICU itu) Tidak ada kaitannya dengan kelas," ujar Dien.

Dera merupakan pasien yang tak sempat mendapatkan perawatan dengan peralatan kesehatan memadai untuk bayi lahir prematur dan mengalami kelainan tenggorokan. Upaya merujuk Dera ke delapan rumah sakit lain gagal dilakukan karena rumah sakit yang dihubungi mengatakan ruang rawat penuh. Dera meninggal pada Sabtu (16/2/2013).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com