Kompas.com - 19/02/2013, 23:13 WIB
Penulis Imanuel More
|
EditorHindra

JAKARTA, KOMPAS.com — Warga Rusun Marunda kembali mendapatkan tawaran yang menarik. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta siap menyediakan lapangan kerja bagi mereka yang belum memiliki pekerjaan tetap sejak meninggalkan Waduk Pluit.

"Kemarin kami dikumpulkan petugas dari Dinas Sosial (Dinsos). Kami ditanyai keahlian dan pekerjaan yang ingin kami lakukan," terang Tedi Sucipto, warga Blok 7 Rusun Marunda, Cilincing, Jakarta Utara, kepada Kompas.com, Selasa (19/2/2013).

Dikatakan Tedi, petugas menjelaskan bahwa ada beberapa jenis pekerjaan untuk mereka. Untuk itu, Dinsos terlebih dahulu mengumpulkan beberapa data, termasuk bidang keahlian/keterampilan, latar belakang pekerjaan sebelumnya, dan pilihan kerja yang ingin digeluti.

"Katanya akan disalurkan ke beberapa perusahaan yang sudah siap menampung kami," kata Tedi.

Opsi yang menguntungkan tidak hanya mengenai tawaran pekerjaan sesuai bidang keterampilan warga. Menurut informasi petugas Dinsos, perusahaan-perusahaan yang akan mempekerjakan terletak di kawasan Cilincing dan Kawasan Berikat Nusantara (KBN) Marunda. "Enaknya karena kantor perusahaannya yang dekat-dekat sini, sekitar Cilincing, Marunda, Tanjung Priok," tambah Tarjuki, warga Blok 7 Lantai 5.

Dengan demikian, warga pindahan dari Penjaringan tidak perlu lagi bolak-balik Marunda-Muara Baru atau Pluit untuk bekerja di tempat tersebut. Tedi dan Tarjuki menyambut baik tawaran tersebut. Pasalnya, mereka mengaku kehilangan pekerjaan sejak pindah ke Rusun Marunda.

"Kalau sekarang, saya lebih yakin bisa membayar sewa rusun karena akan punya sumber penghasilan," ujar Tarjuki sambil tersenyum.

Ia berharap, program tersebut dapat segera direalisasikan. Pasalnya, salah satu ganjalan yang sempat membuat warga enggan meninggalkan wilayah Waduk Pluit adalah jauhnya jarak Marunda dari tempat kerja. Dengan penyaluran ke dunia kerja, Tarjuki dan Tedi berharap, warga lain yang masih enggan meninggalkan Waduk Pluit dapat mengikuti jejak mereka, pindah ke Rusun Marunda.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.