Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/02/2013, 12:34 WIB
|
EditorHertanto Soebijoto

JAKARTA, KOMPAS.com — Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama telah menginstruksikan Dinas Pekerjaan Umum DKI untuk segera membenahi kali-kali yang berada di Jakarta. Kepala Dinas PU DKI Manggas Rudy Siahaan mengatakan, pertemuannya dengan Basuki pagi tadi adalah untuk membahas permasalahan Waduk Pluit serta pengembangan waduk dan refungsionalisasi kali-kali yang ada di Jakarta.

"Kami tadi diminta oleh Pak Wagub untuk segera membenahi Waduk Pluit dan refungsionalisasi kali di Jakarta," kata Rudy, di Balaikota Jakarta, Rabu (20/2/2013).

Selain itu, mereka juga diminta untuk memberi fokus pada refungsionalisasi Kali Pakin yang berada di dekat Waduk Pluit. Bagaimana Kali Pakin itu dilebarkan dengan membuat garis sepadan kali sehingga kiri dan kanan badan kali dapat dibangun jalan inspeksi yang bisa dilalui mobil pemadam kebakaran untuk memadamkan kebakaran dengan cepat.

"Refungsionalisasi dilakukan tidak hanya sebagai tindakan pemeliharaan sungai, tetapi juga mengurangi kemacetan lalu lintas karena adanya jalan inspeksi," kata Rudy.

Normalisasi Kali Pakin, kata Rudy, akan menjadi proyek percontohan bagi program refungsionalisasi kali-kali di Jakarta. Rudy akan mendorong semua suku dinas PU untuk melakukan refungsionalisasi sesuai dengan fase tata ruangnya.

"Kami juga akan mendorong suku dinas untuk dapat memilih lokasi kali yang akan direfungsionalisasi di wilayahnya masing-masing," ujarnya.

Untuk diketahui, sebanyak 40 bangunan liar semipermanen di sepanjang Kali Pakin, Penjaringan, Jakarta Utara, telah dibongkar petugas untuk normalisasi sungai dan masih ada sekitar empat bangunan lagi yang akan dibongkar secara bertahap. Kali Pakin merupakan saluran penghubung ke tiga aliran. Ketiganya mengalir ke laut yang disedot melalui 11 pompa di Waduk Pluit.

Aliran pertama: Pasar Ikan, Beos, Lintoves, Gajah Mada, Hayam Wuruk, Istiqlal, Ciliwung. Aliran kedua: Pasar Ikan, Hotel Omni Batavia, Kali Krukut, Kali Cideng, dan Bundaran HI-Thamrin. Aliran Ketiga: Pasar Ikan, Jalan Kopi, Jembatan Lima Asemka, dan Tubagus Angke.

Berita terkait, baca:

GEBRAKAN JOKOWI-BASUKI

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


    27th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Verifikasi akun KG Media ID
    Verifikasi akun KG Media ID

    Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

    Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.