Kompas.com - 21/02/2013, 21:42 WIB
Penulis Imanuel More
|
EditorLaksono Hari W

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain rumah susun sederhana sewa (Rusunawa) di Marunda, Rusunawa Pluit pun sedang dalam proses renovasi untuk menjadi hunian bagi warga Waduk Pluit. Menurut warga, lokasi rusun yang dekat dengan pemukiman warga Pluit itu lebih ideal untuk menjadi hunian mereka.

"Sekarang masih dalam proses renovasi terutama untuk Blok 1," kata Masruri, staf pengelola yang ditemui Kompas.com di Rusun Pluit, Penjaringan, Jakarta Utara, Kamis (21/2/2013).

Ia menjelaskan, saat ini dua dari tiga blok di rusun tersebut sudah ditempati. Keduanya sudah dilengkapi instalasi listrik dan air. Selain itu, berbagai kerusakan fisik lain juga tengah dalam perbaikan.

Masruri mengatakan, saat banjir pada Januari lalu, rusun tersebut menjadi salah satu tempat pengungsian bagi warga RW 17 Penjaringan. Pasca-pengungsian, bangunan tersebut mengalami beberapa kerusakan. "Karena itu jendela, pintu, dan lain-lainnya juga perlu diperbaiki lagi," jelas Masruri.

Dua blok yang sudah ditempati, menurut Masruri, belum seluruhnya terisi. Masing-masing blok dengan lima lantai itu bisa menampung 100 kepala keluarga. Dengan demikian, total warga yang bisa ditampung di rusun dekat Gedung Pompa Pluit itu sekitar 300 KK. Lelang fisik pembangunan rusun Pluit sudah dimulai pada tahun 2010.

Menurut rencana awal, di lokasi tersebut akan dibangun 10 blok rusun. Namun, tidak diketahui mengapa proyek tersebut sempat terbengkalai cukup lama. "Itu bisa ditanyakan langsung ke pimpinan di Jati Baru (Kantor UPT Rusun)," ujar Masruri.

Rusun Pluit sebenarnya menjadi prioritas Pemprov DKI dalam program relokasi warga yang mengokupasi lahan Waduk Pluit. Namun, karena unit yang disediakan belum mencukupi jumlah KK yang hendak direlokasi, maka disediakan pula Rusun Marunda dengan total 26 blok untuk program tersebut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
     
    Pilihan Untukmu


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Verifikasi akun KG Media ID
    Verifikasi akun KG Media ID

    Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

    Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.