Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kembaran Dera Dipindah ke RSCM

Kompas.com - 22/02/2013, 12:46 WIB
Zico Nurrashid Priharseno

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Dara Nur Anggraini, saudara kembar Dera, bayi yang meninggal karena telat mendapatkan penanganan, sudah dipindahkan dari Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tarakan ke Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo. Dara sudah dipindahkan sejak Rabu lalu.

"Bayi Dara itu datang ke sini Rabu 20 Februari, jam 11 malam," kata Lastin, Kepala Bagian Pemasaran RSCM, Jumat (22/2/2013).

Sesampainya di RSCM, bayi tersebut tetap ditempatkan di ruang Neonatal Intensive Care Unit (NICU), sama seperti ketika ia dirawat di RSUD Tarakan. Sebab, untuk bayi yang baru lahir prematur, harus ditempatkan di ruang NICU.

"Tetap ditempatkan di NICU. Enggak mungkin di tempat lain," ujarnya.

Menurut Lastin, saat itu kebetulan masih ada satu tempat di ruang NICU RSCM untuk ditempati Dara, tidak seperti pada Sabtu (16/2/2013) lalu, ketika keluarga mencari NICU yang kosong.

"Kalau waktu itu kan penuh. Kebetulan sudah kosong sekarang, jadi bisa dipindah ke sini," paparnya.

Kabar bayi Dara dipindah ke RSCM awalnya diinformasikan oleh Kepala Dinas Kesehatan DKI Dien Emmawati. Langkah ini diambil, menurut Dien, untuk optimalisasi pengobatannya.

Di RSCM, kata dia, terdapat banyak ahli yang bisa membantu pengobatan Dara. Pemantauan pun bisa lebih optimal dilakukan. "Kalau bayi Dara itu strata tiga, jadi butuh dokter anak plus," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com