Kompas.com - 22/02/2013, 17:16 WIB
|
EditorAna Shofiana Syatiri

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengatakan jika saat ini belum ada bukti warga, oknum, atau calo yang menjual atau menyewakan unit dan fasilitas Rusun Marunda. Dia mengingatkan adanya sanksi 6 tahun penjara.

"Kita sudah cek semuanya aman. Mungkin orang-orang takut dipenjara enam tahun," kata Basuki ditemui di Balaikota Jakarta, Jumat (22/2/2013).

Basuki mengaku selalu mengecek dan mengawasi progress Rusun Marunda. Rusun Marunda itu disasar bagi warga sekitar Waduk Pluit dan Muara Baru agar upaya Pemprov DKI untuk melakukan normalisasi Waduk Pluit segera terlaksana.

Selain bersama Dinas Perumahan dan Gedung Pemerintahan DKI, Basuki juga mengajak Dinas Sosial DKI untuk mengawasi Rusun Marunda.

"Saya mengecek juga bersama Dinas Sosial untuk memberikan penyuluhan. Kita bereskan dulu yang masih kosong, yang lama-lama tinggal pembersihan," kata Basuki.

Saat ini, Pemprov DKI Jakarta sedang fokus memperbaiki rusun untuk warga, khususnya untuk perbaikan sarana air dan listrik. Ia juga menawarkan para pengusaha untuk memperbaiki air dan listrik di Rusun Marunda. Sehingga Pemprov DKI akan memberikan wewenang kepada pengusaha untuk mengawasi rusun tersebut.

Di Rusun Marunda, terdapat 26 blok rusun dengan ribuan unit kamar. Hingga saat ini, baru sekitar 500 unit yang siap dan telah dihuni. Pemberian rusun ini diprioritaskan untuk warga yang terkena dampak banjir, seperti warga di sekitar Waduk Pluit dan Penjaringan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.