Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Batal Temui Anak Jalanan, Jokowi Tengok Ciliwung

Kompas.com - 22/02/2013, 18:11 WIB
Indra Akuntono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo seharusnya menemui anak-anak jalanan di Pedongkelan, Jakarta Timur. Namun, dia malah belok meninjau RW 001, Kelurahan Pangadegan, Kecamatan Pancoran, Jakarta Selatan, yang dilintasi Sungai Ciliwung, Jumat (22/2/2013).

Jokowi datang untuk meninjau wilayah yang sempat digenangi banjir pada bulan lalu. Jokowi tiba di lokasi sekitar pukul 17.50. Didampingi Kepala Camat Pancoran Mukhlisin, Jokowi langsung menilik tiga titik di lokasi ini.

Titik pertama adalah permukiman padat yang berdiri di atas lahan cekung. Saluran air yang kecil dan dipenuhi sampai serta sedimen lainnya tak luput dari perhatian Jokowi.

Selanjutnya, ia melihat Sungai Ciliwung yang jaraknya tak berjauhan. Beberapa saat ia memantau sekitar sungai yang posisinya bersebelahan dengan rumah-rumah warga.

Titik selanjutnya adalah jalan raya di sekitar lokasi. Saat hujan besar pada Januari lalu, banjir sempat menggenangi wilayah ini dengan ketinggian tertinggi mencapai 2 meter.

Seperti saat mengunjungi permukiman padat dan kumuh lainnya, Jokowi juga membawa serta dua unit truk Satpol PP yang memuat aneka bantuan, mulai dari seragam dan peralatan sekolah sampai beras kemasan 5 kilogram.

Sebelumnya, Jokowi bersama Menteri Sosial Salim Segaf Al'Jufrie diagendakan melakukan dialog dengan warga dan anak jalanan di Kampung Pedongkelan, Kelurahan Kayu Putih, Kecamatan Pulogadung, Jakarta Timur. Namun, Jokowi batal datang dan warga Pedongkelan mengaku kecewa. Jokowi sendiri belum menjelaskan alasannya batal datang ke Pedongkelan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com