Kompas.com - 22/02/2013, 20:08 WIB
|
EditorTjahja Gunawan Diredja

TANGERANG SELATAN, KOMPAS.com — Turap sepanjang kira-kira 10 meter sebagai penahan aliran air anak Sungai Angke di Ciater Raya, Sarua, Ciputat, Tangerang Selatan, Jumat (22/2/2013) petang, ambruk.

Turap tersebut merupakan penahan air yang dibangun Pemerintah Kota Tangsel, Provinsi Banten, agar air tidak masuk ke Perumahan Grand Serpong.

 

Erny (32), warga Grand Serpong yang juga pemilik Aqua Hom Service (AHS) Pondok Cell, mengaku kaget. "Tiba-tiba suara brukk...keras sekali. Saya kira pohon tumbang  karena hujan belakangan ini mengguyur daerah ini. Ternyata, turap yang jebol," ujar Erny, ketika sedang berada di pelataran depan rumahnya.

Begitu kejadian, seorang karyawannya langsung mencari asal-muasal suara tersebut. Ternyata, turap yang dibangun sejak 2006 itu jebol. Kondisi itu sudah diprediksi sejumlah warga mengingat banyak warga membuang puing bangunan ke sisi turap tersebut. Akibatnya, kondisi turap semakin miring.

Diduga, turap jebol akibat abrasi aliran sungai. Namun, jebolnya turap tidak menyebabkan banjir karena ada gundukan tanah sebagai penahan yang selama ini ditata oleh pihak pengembang.

 

Warga berharap, Dinas Pekerjaan Umum Pemkot Tangerang Selatan bisa segera meninjau lokasi jebolnya turap. Hal ini perlu dilakukan agar perumahan ini tidak menjadi korban banjir.

 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.