Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Batal Jadi Jurkam karena Kelelahan

Kompas.com - 23/02/2013, 16:14 WIB
Indra Akuntono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo batal menjadi juru kampanye Effendi Simbolon dalam PIlkada Sumatera Utara. Semula Jokowi dijadwalkan berangkat ke Medan pada hari ini, tetapi akhirnya batal dengan alasan ingin beristirahat karena kelelahan.

Saat dimintai konfirmasi oleh beberapa wartawan, salah satu orang terdekatnya, Anggit, menyampaikan, Jokowi telah memesan tiket pesawat untuk terbang ke Medan, tetapi akhirnya batal dengan alasan tersebut.

"Bapak (Jokowi) kecapekan dan butuh istirahat," kata Anggit, saat dihubungi para wartawan, Sabtu (23/2/2013) siang.

Anggit menjelaskan, Jokowi mengalami kelelahan karena agenda kerja yang sangat padat. Setiap hari disibukkan menengok masyarakat di beberapa wilayah dan agenda lain yang sangat menguras energi serta pikiran.

"Terus turun ke masyarakat, kegiatan padat, tidur kurang, jadinya kelelahan," ujarnya.

Berdasarkan pantauan Kompas.com di rumah dinasnya sejak pukul 07.00 WIB, tidak ada tanda-tanda Jokowi akan melakukan kegiatan. Agenda kegiatan Gubernur yang terpampang di website Pemerintah Provinsi DKI Jakarta juga kosong.

Sehari sebelumnya, Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengaku ditelepon oleh Jokowi. Dalam kesempatan itu Basuki sempat diminta pendapatnya mengenai rencana menjadi juru kampanye di Pilkada Sumut.

"Kemarin Pak Gubernur nelepon saya, tanya besok kira-kira kampanye atau enggak? Saya maunya beliau di Jakarta saja, saya lebih aman," ujar Basuki, Jumat (23/2/2013).

Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi mengaku sudah memberikan izin cuti kepada Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo untuk menjadi juru kampanye Effendi Simbolon pada 23-24 Februari. Gamawan menjelaskan bahwa dirinya sudah menandatangani dan menyetujui permohonan izin Jokowi untuk ke Sumut selama dua hari.

Jokowi juga sempat terjun menjadi juru kampanye calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Barat Rieke Diah Pitaloka-Teten Masduki pada akhir pekan lalu. Meski menuai polemik karena belum mengantongi izin dari Mendagri, Jokowi tetap ikut mengampanyekan Rieke-Teten di Bandung dan Depok.

Berita terkait, baca:

JABAR SATU

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com