Kompas.com - 27/02/2013, 18:23 WIB
|
EditorRobert Adhi Ksp

JAKARTA, KOMPAS.com - Satu rangkaian KRL baru buatan PT Industri Kereta Api (INKA) tengah diinvestigasi menyusul gangguan yang terjadi di lintas Serpong, Rabu (27/2/2013) pagi. KRL yang berangkat dari Stasiun Serpong tujuan Tanah Abang ini akhirnya menghentikan perjalanan di Stasiun Rawa Buntu pukul 06.46.

Direktur Komersial PT INKA, Hendy Hendratno Adji mengatakan kecepatan kereta tiba-tiba merosot."Kereta tidak mogok total. Hanya, kecepatannya hanya 30 km per jam. Daripada mengganggu perjalanan KRL lain di belakangnya, kereta ini kami tarik," kata Adji.

Selain mengalami penurunan kecepatan, beberapa pintu KRL ini juga tidak bisa dibuka. Saat ini, kereta dalam proses pemeriksaan di Stasiun Tanjung Priok. Kereta ini juga masih dalam tahap pengujian dan belum diserahterimakan ke PT KAI.

Selain rangkaian yang mengalami gangguan, satu rangkaian KRL buatan PT INKA lainnya masih bisa beroperasi di lintas Serpong. Mewakili PT INKA, Adji meminta maaf kepada konsumen KRL yang terimbas gangguan ini.

Secara terpisah, Kepala Humas PT KAI Daop 1 Purbawa mengatakan mengatakan pihaknya menyediakan rangkaian pengganti KRL buatan PT INKA yang mengalami gangguan itu. Sedianya, KRL ini akan memperkuat sarana kereta listrik yang beroperasi di Jabodetabek.

Rencananya, KRL baru ini akan dioperasikan di lintas Serpong-Maja yang juga merupakan jalur baru elektrifikasi KRL. KRL ini sering disebut KfW karena mendapatkan pinjaman dari Bank Pembangunan Jerman (Kreditanstalt fur Wiederafbau/KfW). 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.