Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daftar Tunggu Mencapai 1.774 Orang

Kompas.com - 28/02/2013, 02:57 WIB

Jakarta, Kompas - Sedikitnya 1.774 warga korban banjir di Penjaringan, Jakarta Utara, masuk dalam daftar tunggu penghuni rumah susun sederhana sewa. Mereka tidak tertampung karena jumlah rumah terbatas. Selain mekanisme undian, pendaftar diminta bersabar menunggu rumah hingga siap huni.

Hingga Rabu (27/2), peminat rumah susun sederhana sewa (rusunawa) terus mendatangi kantor pengelola Rusunawa Marunda. Mereka datang dengan membawa berkas, seperti kartu tanda penduduk, kartu keluarga, dan surat keterangan tidak mampu. Padahal, pendaftaran telah ditutup sejak 28 Januari 2013.

Sejumlah warga menyatakan berminat tinggal di rumah susun dengan fasilitas sebagaimana ditawarkan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo dan wakilnya, Basuki Tjahaja Purnama.

Darleni (55), warga RT 001 RW 001 Kelurahan Penjaringan, misalnya, tertarik dengan fasilitas perabot, ukuran rumah, dan lingkungannya.

”Sampai sekarang, saya masih tinggal di kontrakan di Muara Baru, Penjaringan. Ukurannya lebih kecil daripada rumah susun, tetapi tarif sewanya lebih mahal, yakni Rp 400.000 per bulan, belum termasuk listrik,” kata dia.

Eliyanti (30), pendaftar dari Muara Baru, Kelurahan Penjaringan, mengaku tidak tahu bahwa seluruh rumah susun telah terisi. Dia datang bersama beberapa tetangganya yang juga korban banjir pada pertengahan Januari 2013.

”Meskipun masuk daftar tunggu tidak apa-apa. Semoga saya nanti dapat menghuni rumah susun juga,” ujarnya.

Sebanyak 520 unit dari total 1.900 unit kosong Rusunawa Marunda telah dihuni warga korban banjir Penjaringan. Kini, 1.380 unit sisanya masih dalam tahap perbaikan instalasi listrik dan air. Dalam 1-2 pekan ke depan, unit yang tersisa ini diharapkan telah siap huni, sehingga warga yang sudah mendaftar dapat segera menempati.

Hendriansyah, perwakilan dari Dinas Perumahan DKI Jakarta, mengatakan, sebanyak 300 unit dari 1.380 unit rumah susun yang sedang disiapkan itu telah dihuni oleh warga meski fasilitasnya belum lengkap. Adapun 1.080 unit lainnya dalam perbaikan.

Undian

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com