Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Belum Tahu Bawahannya Mau Maju Pilgub

Kompas.com - 28/02/2013, 10:27 WIB
Indra Akuntono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo mengaku belum mengetahui ada seorang bawahannya yang berencana maju menjadi bakal calon gubernur di Pemilihan Gubernur Maluku Utara 2013. Untuk itu, ia enggan berbicara banyak dan menyerahkan semuanya pada Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi DKI Jakarta.

"Belum tahu. Pak Sekda mungkin tahu. Tapi, ya enggak apa-apa," kata Jokowi di Balaikota Jakarta, Kamis (28/2/2013).

Secara kebetulan, Sekda DKI Jakarta Fadjar Panjaitan berada di sebelahnya dan ikut menimpali. Baginya, rencana pencalonan itu tak perlu membuahkan masalah karena secara aturan dimungkinkan dan yang bersangkutan mau menaatinya.

Fadjar menegaskan, pihaknya belum menerima surat pengunduran diri dari pejabat di lingkungan Pemerintah Provinsi DKI terkait rencana mengikuti Pilgub Maluku Utara. Kalaupun ada, surat pengunduran diri itu harus langsung ditujukan kepada Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo.

"Ya senenglah, diberi kepercayaan untuk nyalonkan gubernur, tapi harus mengajukan surat pengunduran diri dari jabatan dan kalau terpilih harus mundur sebagai PNS," kata Fadjar.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Kepala Suku Dinas Pendidikan Dasar Jakarta Pusat Zaenal Soleman menyatakan diri siap maju pada Pemilihan Gubernur Provinsi Maluku Utara (Malut), Juli 2013 mendatang. Zaenal, yang beberapa kali menyosialisasikan diri di masyarakat, mengaku ingin kembali ke daerah untuk mengabdi.

Zaenal Soleman merupakan putra daerah Maluku Utara yang berkiprah sebagai pegawai negeri sipil di Jakarta. Saat sosialisasi di Desa Gotalamo, Kecamatan Morotai Selatan, Kabupaten Pulau Morotai, Maluku Utara, Selasa (26/2/2013), Zaenal mengaku dirinya merupakan salah satu figur terkenal di Maluku Utara yang mengajukan diri untuk calon gubernur pada Pilgub Malut 2013. Dia membuktikannya dengan mengklaim masuk ke tiga besar hasil survei yang dilakukan Partai Demokrat.

"Partai Demokrat sudah melakukan survei dengan menggunakan salah satu lembaga survei terkenal. Hasilnya saya masuk tiga besar," ungkap Zaenal di hadapan ratusan warga yang datang pada acara sosialiasi itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com