Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rute APTB Tangerang dan Bekasi Ditambah

Kompas.com - 01/03/2013, 03:04 WIB

jakarta, kompas - Rute angkutan perbatasan terintegrasi busway bus transjakarta dari Tangerang, Tangerang Selatan, dan Bekasi diharapkan segera bertambah.

Ada penambahan enam rute, di antaranya Ciledug-Blok M, Cimone-Senen, Ciputat-Senen, Ciledug-Senen, dan Bekasi-Kampung Rambutan. Realisasi rute dan bus baru menunggu hasil koordinasi antara Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan pemerintah daerah di Tangerang dan Bekasi.

Saat ini, angkutan perbatasan terintegrasi busway (APTB) melayani rute Tangerang-Kalideres, Ciputat-Kota, dan Bekasi-Pulogadung.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Udar Pristono pernah mengatakan, rute APTB tujuan Ibu Kota direncanakan jadi 18 lintasan. Jika 18 rute sudah beroperasi, kapasitas angkut APTB diharapkan menjadi 312.120 orang per hari. Ini cukup membantu mengurangi penggunaan 1,915 juta sepeda motor dan mobil pribadi oleh 3,67 juta jiwa warga Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi, ke Jakarta setiap hari.

Operator APTB Ciputat-Kota segera menyiapkan bus untuk melayani tiga jalur baru. Manajer APTB PO Bianglala Hadi Suryanto, beberapa waktu lalu, mengatakan, menyusul jalur Ciputat- Kota; jalur Ciputat-Senen, Ciledug-Senen, dan Depok-Grogol diharapkan beroperasi tahun ini.

Hadi menyebutkan, sejak beroperasi beberapa bulan lalu, jumlah penumpang jalur Ciputat-Kota rata-rata terus meningkat. Menurut dia, dari 8 bus yang beroperasi saat ini, jumlah penumpang mencapai 175 orang per bus per hari. Empat bus baru juga segera dioperasikan untuk jalur Ciputat-Kota.

Buslane

Setelah memperpanjang rute Terminal Poris Plawad–Kalideres hingga Mal Taman Anggrek, Jakarta Barat, Pemerintah Kota Tangerang dan Pemprov DKI Jakarta menambah dua rute baru. Rute itu yakni rute Terminal Ciledug-Blok M (Jakarta Selatan) dan Terminal Cimone-Senen (Jakarta Pusat).

Kepala Dinas Perhubungan Kota Tangerang Ivan Yudianto mengatakan, penambahan jalur itu untuk mengurai kepadatan lalu lintas di perbatasan Tangerang-Jakarta. Dalam sehari, sekitar 3.000 mobil dan 1.000 sepeda motor menuju Jakarta pada pagi hari dan kembali pada sore dan malam hari.

”Realisasi dua rute APTB ini masih menunggu pemberian bus dari DKI Jakarta,” kata Ivan.

Terkait rencana pengoperasian dua rute baru, kata Ivan, pihaknya akan mewajibkan pengusaha angkutan kota memiliki badan hukum, sesuai dengan Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas Angkutan Jalan.

Kepala Operasional Perusahaan Pengangkutan Djakarta, selaku pengelola APTB Buslane, Sabar Sihombing, mengakui, dua rute baru APTB akan dioperasikan. Rencana itu sudah ada. Akan tetapi, Sabar mengaku belum tahu kepastian waktu untuk merealisasikannya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Kota Bekasi Supandi Budiman mengatakan, rute Bekasi-Kampung Rambutan jelas bersinggungan dengan bus Mayasari Bakti. ”Akan dicari solusinya apakah diberi rute baru atau lainnya,” katanya. (BRO/PIN/RAY)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com