Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Basuki Imbau Masyarakat Bantu Padamkan Kebakaran

Kompas.com - 01/03/2013, 11:39 WIB
Kurnia Sari Aziza

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengimbau kepada masyarakat untuk dapat berperan aktif membantu petugas pemadam kebakaran memadamkan peristiwa kebakaran. Hal itu diupayakan karena kurangnya personel pemadam kebakaran yang dimiliki oleh DKI saat ini.

"Nah, sekarang kami butuh orang dari luar, karena memang kekurangan personel," kata Basuki, di Pusdiklat Pemadam Kebakaran, Ciracas, Jakarta, Jumat (1/3/2013).

Selain karena kekurangan personel, dengan penambahan personel dari masyarakat, Basuki mengharapkan, masyarakat dapat merasakan kegigihan petugas pemadam kebakaran dalam memadamkan sebuah kebakaran.

"Dengan begitu, orang di lapangan jadi tahu apa yang dihadapi dan apa yang dirasakan oleh petugas pemadam kebakaran," kata pria yang akrab disapa Ahok tersebut.

Hingga saat ini, kata Basuki, kinerja petugas pemadam kebakaran sangat baik. Ia juga memercayakan Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana DKI Subejo untuk dapat memimpin dan mengatasi penanggulangan kebakaran di Ibu Kota.

"Makanya kami percaya, Pak Bejo bisa menyelesaikan semua masalah, karena dia juga orang dalam," ujarnya.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana DKI Subejo membenarkan bahwa saat ini dinas yang dipimpinnya kekurangan personel. Saat ini, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana DKI baru memiliki 3.003 personel dan masih ada kekurangan sekitar 1.000 personel lagi.

"Iya, pemberdayaan masyarakat. Di samping itu, kami juga harus tetap melakukan pendampingan untuk membantu kami ketika merespon suatu kejadian," kata Subejo.

Untuk menutupi kekurangan personel itu, Subejo akan mengupayakan dengan membangun kolaborasi antara masyarakat dengan Barisan Relawan Kebakaran (Balakar). Formatnya pun hingga saat ini masih dikaji bersama Pemprov DKI.

"Jadi, nanti antara petugas reguler dengan masyarakat yang kerja berbarengan dengan kita, kami coba legal basisnya seperti apa, sehingga itu bisa digunakan secara hukum," ujar Subejo.

Subejo mengatakan, untuk kedepannya, dia akan tetap mengajukan permohonan kepada Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo untuk dapat menambahkan personel melalui analisa jabatan (anjab). "Nanti dalam anjab itu, yang akan kami alokasikan rencananya 4.035 personel," katanya.

Perayaan Ulang Tahun Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana DKI yang ke-94 itu, juga dimeriahkan oleh aksi pemadaman api dengan menggunakan pawang geni dan atraksi mobil pemadam kebakaran.

Selain itu, turut hadir pula Kepala Dinas Pekerjaan Umum DKI Manggas Rudy Siahaan, Kepala Dinas Kebersihan DKI Unu Nurdin, dan mantan Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana DKI Paimin Napitupulu.

Berita terkait, baca:

GEBRAKAN JOKOWI-BASUKI

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com