Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Basuki: Stadion BMW Stop Dulu Karena Ada Masalah

Kompas.com - 04/03/2013, 18:40 WIB
Kurnia Sari Aziza

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengatakan perencanaan Pemprov DKI untuk membangun Stadion BMW, untuk sementara dihentikan. Hal itu disebabkan karena masih ada masalah dalam pembebasan lahan tanah tersebut.

"Stadion BMW distop dulu karena ada masalah. Pengusaha belum kasih kami sertifikat. Jadi, ada masalah yang menghambat," kata Basuki di Balaikota Jakarta, Senin (4/3/2013).

Namun Basuki tetap menjanjikan, seusai permasalahan pembebasan lahan itu selesai, Pemprov DKI akan segera melakukan sistem lelang untuk menentukan perusahaan yang bersedia membangun Stadion BMW dan akan menjadikannya sebagai salah satu stadion kebanggaan warga Ibu Kota.

Untuk pembangunan Stadion BMW, kata Basuki, Pemprov menggelontorkan anggaran sekitar Rp 1 triliun 50 miliar. Saat ini telah dikeluarkan Rp 100 miliar untuk mengatasi permasalahan pembebasan lahan dan akan dilakukan pembayaran secara bertahap atau multiyears.

"Kita anggarannya Rp 100 miliar di awal untuk memulai pembangunan stadion itu. Tapi, kalau tanah belum beres kan enggak bisa mulai kerja," kata Basuki.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga DKI Ratiyono mengatakan, Pemprov DKI akan segera merevitalisasi Stadion BMW yang terletak di Jakarta Utara. Menurut dia, bulan Juni hingga Agustus akan dimulai proses pelelangan siapa yang berhak membangun stadion tersebut.

Pembangunan Stadion BMW itu pun, kata dia, telah disetujui oleh DPRD DKI dalam APBD DKI 2013 sebesar Rp 1,05 triliun.

Taman BMW yang terletak di Jalan RE Martadinata, Jakarta Utara, ini sudah dicanangkan oleh mantan Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo pada tahun 2010. Taman itu nantinya akan dibangun berbagai fasilitas olahraga, seperti stadion sepak bola yang dilengkapi trek atletik di bagian dalamnya. Di luar stadion akan dibangun dua lapangan sepak bola untuk latihan.

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo pun juga merencanakan stadion ini untuk dijadikan menjadi stadion milik klub sepakbola kebanggan Ibu Kota, yaitu Persija. Pembangunan Stadion BMW juga direncanakan selesai pada 2015. Namun, hingga kini pembangunan yang sempat mendapat perlawanan dari warga tersebut ternyata masih jauh dari tahap penyelesaian.

Berita terkait, baca:

GEBRAKAN JOKOWI-BASUKI

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com