Kompas.com - 05/03/2013, 16:23 WIB
|
EditorAna Shofiana Syatiri

JAKARTA, KOMPAS.com — Rapat Paripurna DPRD DKI yang mendengarkan paparan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo tentang Raperda Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) DKI Jakarta 2013-2017 berlangsung sepi. Hanya 40 dari 94 anggota DPRD DKI yang hadir.

Meski sepi, Jokowi tetap menyampaikan lima misi terkait tujuan pembangunan selama lima tahun ke depan. Ia mengatakan, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menyusun tujuan dan sasaran pembangunan sebagai arahan bagi pelaksanaan setiap urusan pemerintahan daerah. Tujuan dan sasaran tersebut disusun dalam kerangka yang jelas di setiap misi sehingga akan menggambarkan dampak keberhasilan pembangunan daerah.

Misi pertama, kata Jokowi, bertujuan mengembangkan produk ekonomi dan bisnis Kota Jakarta sesuai dengan potensi dan ciri khas yang didukung oleh sarana dan prasarana yang memadai. Adapun untuk sasarannya adalah pengembangan aktivitas ekonomi perdagangan dan jasa pada pusat kegiatan primer dan sekunder.

"Berkembangnya kawasan-kawasan pembangunan berbasis transit, serta tersedianya ruang untuk pedagang informal pada kawasan perkantoran dan perniagaan kota," kata Jokowi di ruang sidang paripurna DPRD DKI Jakarta, Selasa (5/3/2013).

Misi kedua adalah menyediakan infrastruktur kota yang andal untuk mengatasi masalah menahun dan mendorong pembangunan kota yang berwawasan lingkungan dan tahan dalam menghadapi risiko bencana serta dampak perubahan iklim. Sasaran misi ini, antara lain, ketersediaan sistem transportasi perkotaan dan jaringan jalan yang terpadu, tersedianya sistem tata air yang optimal, tersedianya pengelolaan sampah terpadu, dan berkurangnya pencemaran lingkungan di wilayah Kota Jakarta.

Ketiga, menyediakan hunian dan ruang publik yang layak serta terjangkau bagi seluruh lapisan masyarakat. Selanjutnya adalah misi keempat untuk mengembangkan budaya kota yang multikultur dan berbasis potensi lokal serta meningkatkan produktivitas masyarakat.

Sasaran misi ini, kata Jokowi, antara lain berkembangnya budaya kota multikultur yang berbasis komunitas dan tersedianya pusat-pusat kebudayaan di semua wilayah Kota Jakarta. Dan, misi terakhir adalah mendorong penyelenggaraan pemerintahan yang profesional, bersih, dan transparan, serta meningkatkan pelayanan publik prima bagi seluruh masyarakat.

"Sasaran utama misi ini antara lain pelayanan publik yang prima pada lembaga pelayanan terpadu satu pintu dan meningkatnya akses serta kualitas pendidikan serta kesehatan bagi semua masyarakat," ujar Jokowi.

Selanjutnya, tujuan dan sasaran tersebut dijabarkan ke dalam strategi dan arah kebijakan serta program dan indikator-indikatornya yang secara detail akan dicantumkan dalam Raperda RPJMD Provinsi DKI Jakarta 2013-2017. RPJMD merupakan dokumen perencanaan pembangunan daerah untuk periode lima tahun ke depan, yang menjabarkan visi, misi, serta program gubernur dan wakil gubernur terpilih.

 Rapat tersebut berakhir setelah Jokowi menyampaikan semua paparannya dan pihak legislatif akan memberikan tanggapan pada 7 Maret 2013.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.