Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

CCTV Diharap Kuak Kasus Mutilasi di Tol Cikampek

Kompas.com - 05/03/2013, 18:31 WIB
Fabian Januarius Kuwado

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Kasus penemuan potongan jasad wanita dalam kondisi terpisah-pisah di Tol Cikampek Km 1, Makasar, Jakarta Timur, Selasa (5/3/2013) pagi, diselidiki Polisi. Kamera CCTV milik Jasa Marga pun menjadi salah satu hal yang menjadi pusat penyelidikan.

"Kami akan bekerja sama dengan Jasa Marga untuk meminta rekaman CCTV yang ada di tol tersebut," ujar Kepala Subbagian Humas Polres Metro Jakarta Timur Kompol Didik Haryadi di kantornya, Selasa sore.

Didik menerangkan, keterangan dalam CCTV itu digunakan untuk mengetahui aktivitas di titik-titik penemuan potongan mayat tersebut sejak Senin malam. Sebab, periode waktu tersebut diduga digunakan pelaku untuk membuang potongan jenazah wanita berusia sekitar 25-30 tahun.

Dihubungi terpisah, Direktur Utama PT Jasa Marga Adityawarman mengungkapkan telah melakukan komunikasi dengan aparat kepolisian dalam pemeriksaan CCTV tersebut. Ia juga berharap, CCTV yang diberikan pihaknya akan memberikan titik terang bagi kasus mutilasi itu.

Lebih jauh, Adityawarman mengatakan, di Tol Cikampek terdapat 30 buah CCTV. Kamera tersembunyi tersebut diletakan di titik-titik strategis di mana lalu lintasnya padat. Adapun jarak jangkau CCTV itu mencapai 200 meter.

"Makanya nanti akan kita lihat dan koordinasikan ke petugas kita. Apakah di jam-jam tertentu, lokasi ada kecenderungan atau tidak," ujarnya.

Potongan tubuh wanita ditemukan di beberapa lokasi. Potongan kaki kanan ditemukan di jalur darurat Km 0+200, potongan tangan kanan ditemukan di jalur satu Km 1+200, potongan tangan kiri ditemukan di jalur satu Km 2+200, potongan-potongan kaki kiri ditemukan di jalur satu Km 2+300, potongan badan ditemukan di jalur satu Km 2+400, dan potongan kepala terbungkus plastik hitam di jalur dua Km 3+800. Adapun bagian kelamin, bokong, dan jantung korban pun belum diketahui keberadaannya.

Kesimpulan sementara di lapangan berdasarkan kondisi potongan, korban diduga dibunuh sekitar dua atau tiga hari yang lalu. Hal itu menjadi dugaan lantaran kondisi potongan jenazah yang segar. Adapun, waktu dibuang di tol Cikampek itu diduga pukul 03.00 WIB hingga 05.00 WIB.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com