Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pendekar Sendang Drajat Blusukan Lagi

Kompas.com - 07/03/2013, 00:24 WIB

Buku        :  Pendekar Sendang Drajat : Misteri Gajah Mada Islam.
Penulis     :  Viddy Ad Daery.
Penerbit   :  Grafindo, Jakarta, 2013.
Tebal       :   216 halaman
Ukuran    :  13 x 20 cm.

Seperti penulisnya, Viddy Ad Daery, tokoh silat Pendekar Sendang Drajat alias Raden Ahmad, rupanya juga penggemar acara blusukan, persis Jokowi. Baru-baru ini, budayawan Viddy Ad Daery “blusukan” lagi dan meneliti folklore di desa Jatiduwur , sebuah desa di tepi Sungai Brantas yang masuk wilayah Jombang, Jawa Timur, karena disana ada folklore mengenai “Gajah Mada di masa muda”. ( baca : www.kompas.com )

Sedangkan Pendekar Sendang Drajat ( PSD ) dalam novel “PSD-Misteri Gajah Mada Islam” alias PSD jilid 4, justru blusukan ke jantung folklore Gajah Mada, yaitu ke daerah Modo, Lamongan dan sekitarnya.

PSD mengantar atau mendampingi rombongan Pendekar Melayu Johor-Riau yang berniat menyalin dan atau menterjemahkan naskah rontal “Desawarnana” alias “Negarakertagama” ke bahasa/huruf Melayu-Jawi alias Arab-Pegon.

Tiba-tiba terdengar ledakan bom, dan ternyata Candi Gajah Mada di Modo dibom untuk yang kesekian kali, oleh musuh bebuyutan Perguruan Garangan Putih Modo.

Maka, hampir saja terjadi peperangan antara Perguruan Garangan Putih yang beraliran Hindu-Budha melawan kelompok yang mengaku “Perguruan Santriwati Gondang” yang mengaku beraliran Islam garis keras.

Namun PSD curiga, betulkah kelompok Perguruan Santriwati Gondang memang betul-betul menganut agama Islam “yang benar” ? Atau jangan-jangan mereka “kelompok sempalan ?”
Maka, PSD memutuskan menyelidikinya, langsung menuju Gondang meski jalan menuju kesana dikuasai kelompok-kelompok bersenjata.

Paling asyik memang langsung membaca bukunya. Karena begitu asyiknya, sang novelis meramu kisah berbasis sejarah abad 16 M ini dalam bukunya, dan kali ini dihiasi gambar-gambar ilustrasi yang indah, maka PSD jilid 4 ini terasa lebih mak-nyusss….

Setelah membaca PSD 4 ini, kebanyakan pembaca akan ketagihan membaca jilid-jilid sebelumnya, dan memang begitulah kesan dan pesan para pembaca yang beberapa komentarnya juga dimuat dalam buku ini.

Dan lebih menarik lagi, buku PSD 4 ini juga dilampiri 2 artikel ilmiah mengenai “Gajah Mada Islam”, yang satu karya arkeolog Sufyan Al-Jawi yang pernah dimuat di www.kompas.com dan yang satu karya Viddy Ad Daery yang sebagai makalah pernah dibacakan dan “copy”nya pernah dibagikan dalam acara “International Borobudur Writers and Cultural Festival 2013” dan akhirnya makalah itu dicuplik sebagai berita utama di www.yahoo.com , di Majalah GATRA , dan Majalah Requisitoire.
Paling tidak, dua artikel tersebut bisa menjadi pembanding dan pemerkaya visi dasar dari alur cerita novel PSD ini.

( Irawady Bobby Soe- budayawan, wartawan dan kameraman TVRI Jakarta )

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com