Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rasyid Dituntut 8 Bulan dan Denda Rp 12 Juta

Kompas.com - 07/03/2013, 13:29 WIB
Lariza Oky Adisty

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — M Rasyid Amrullah Rajasa dituntut delapan bulan dengan masa percobaan dua belas bulan. Dia juga didenda Rp 12 juta subsider kurungan 6 bulan.

"Menyatakan terdakwa bersalah mengemudikan kendaraan bermotor yang karena lalai menyebabkan korban meninggal dunia dan terbukti bersalah mengemudikan kendaraan bermotor menyebabkan kerusakan kendaraan," kata Jaksa Penuntut Umum Teuku Rahman di Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Kamis (7/3/2013).

Setelah tuntutan dibacakan oleh jaksa, Ketua Majelis Hakim J Suharjono mengajukan pertanyaan kepada Rasyid. "Apa Saudara sudah mengerti tuntutan yang dibacakan?" tanya Suharjono.

Rasyid yang hadir di sidang mengenakan kemeja lengan panjang berawarna putih menjawab singkat, "Ya."

Hakim kemudian menanyakan apakah Rasyid hendak melakukan pembelaan akan tuntutan. Rasyid tidak segera menjawab, tetapi meminta waktu sejenak untuk berkonsultasi dengan kuasa hukumnya.

Tak lama kemudian, Rasyid memberikan jawabannya. "Ya, saya akan mengajukan nota pembelaan dan dari kuasa hukum saya juga akan mengajukan pembelaan," kata Rasyid.

Setelah mendengar jawaban Rasyid, Suharjono kemudian mengumumkan bahwa Rasyid dan kuasa hukumnya diberi kesempatan membacakan nota pembelaan pada sidang pekan depan, Kamis (14/3/2013).

Setelah palu diketok tanda sidang berakhir, Rasyid pun berdiri dan menyalami jaksa penuntut umum dan hakim sebelum keluar dari ruang persidangan.

Rasyid dikenakan dakwaan primer Pasal 310 Ayat 4 subsider Ayat 3 Undang-Undang RI No 22 Tahun 2009 mengenai kelalaian dalam mengemudi yang menyebabkan orang lain meninggal dunia dengan dakwaan kedua Pasal 310 Ayat 2 Undang-Undang RI No 22 Tahun 2009 mengenai kelalaian yang menyebabkan kecelakaan lalu lintas dengan korban luka ringan dan kerusakan kendaraan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com