Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pendukung Raffi Gaduh, Hakim Ancam Tak Gelar Sidang

Kompas.com - 07/03/2013, 13:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -- Sidang praperadilan Raffi Ahmad yang biasanya digelar pukul 10.00 pagi kali ini, Kamis (7/3/2013) harus diundur karena ruang sidang digunakan persidangan Rasyid Rajasa.

Namun sedari pagi, masyarakat pendukung Raffi yang menggunakan atribut mulai dari kaos hingga spanduk sudah mulai memadati area Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Timur.

Berdasarkan pantauan Kompas.com masa pendukung Raffi sudah mulai masuk ke ruang sidang pukul 12.00. Tidak lama kemudian, perwakilan dari Badan Narkotika Nasional (BNN) masuk ke ruang sidang. Sontak pendukung Raffi pun makin mengangkat tinggi poster yang mereka bawa dan meneriakkan nama Raffi hingga membuat gaduh.

"Raffi...Raffi...Raffi...," teriak massa yang didominasi ibu-ibu tersebut.

Hakim pun sempat memerintahkan massa untuk tenang dan mengancam tidak akan menggelar sidang atau mereka diperintahkan untuk meninggalkan ruang persidangan.

"Hadirin mohon tenang, sidang akan segera dimulai, duduk hormati persidangan. Yang tertib di persidangan ini bukan di pasar," ujar Hakim.

Setelah diperingati massa tampak lebih tenang, namun beberapa di antara mereka masih berdiri di atas bangku dengan memegang poster. Hakim kembali memperingatkan.

"Kepada penonton harap tenang, kalau sidang gaduh saya enggak mau sidang. Kebenaran materil harus konsen dan tenang. Kalau tak  bisa tenang silakan di luar, jangan ganggu jalannya persidangan," tegas Hakim.

Massa pun jauh lebih tenang dan sidang dengan agenda duplik dan keterangan saksi dari pemohon tetap dimulai. Raffi juga tidak tampak di area pengadilan sampai sidang ini digelar. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com