Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Juga Jadikan Stadion BMW Tempat Konser

Kompas.com - 09/03/2013, 19:14 WIB
Kurnia Sari Aziza

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -- Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo tak akan hanya akan menjadikan kawasan BMW sebagai stadion sepakbola kebanggaan klub Persija, tapi juga akan digunakan sebagai lokasi konser musik. Untuk diketahui, tahun ini, Pemprov DKI mulai membangun stadion BMW (Bersih, Manusiawi dan Berwibawa) dan pembangunannya direncanakan rampung pada tahun 2015.

"Ya bisa, nanti bisa jadi dua fungsi, lapangan bola dan nonton musik," kata Jokowi seusai meninjau warga bekas Taman BMW, di Tanjung Priok, Jakarta Utara, Sabtu (9/3/2013).

Agar rumput tidak rusak akibat terinjak-injak oleh masyarakat, Jokowi mengusulkan jenis rumput yang dapat digulung, seperti yang pernah ia lihat di Jerman. Dengan demikian, rumput tidak akan cepat rusak, dan tetap terjaga.

Sementara itu, terkait Stadion Gelora Bung Karno yang sering dijadikan tempat konser, sehingga merusak rumput stadion, Jokowi enggan berkomentar. "Enggak tahu dong, itu urusan panitia dan pihak pengelola stadion," kata Jokowi.

Untuk diketahui Stadion Gelora Bung Karno juga akan dijadikan sebagai lokasi konser musik Korea Selatan, yaitu Music Bank World Live Tour in Jakarta, yang juga akan dihadiri oleh Gubernur Jokowi.

Tahun ini, Pemprov DKI akan membangun dua stadion, yaitu stadion BMW dan stadion Ulujami. Untuk stadion BMW yang memiliki luas hingga 26 hektar itu juga akan dijadikan hutan kota, Ruang Terbuka Hijau (RTH), lapangan parkir, olahraga air, dan dua lapangan latihan sepakbola.

Pembangunan stadion BMW telah disetujui oleh Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI dalam Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) DKI 2013 sebesar Rp 1 triliun 50 miliar. Anggaran itu juga akan digunakan secara bertahap (multiyears) dan akan digunakan untuk memulai pembebasan tanah dan pembangunan infrastruktur.

Stadion BMW bahkan disebut-sebut akan menjadi stadion termegah di Asia dengan kapasitas penonton 50.000 orang. Namun, hingga kini pembangunan yang sempat mendapat perlawanan dari warga sekitar itu ternyata masih jauh dari tahap penyelesaian.

Sementara itu untuk stadion Ulujami, Jakarta Selatan, yang memiliki luas hingga 8 hektar, akan dipergunakan untuk mengganti stadion Lebak Bulus yang rencananya bakal digusur menyusul pembangunan moda transportasi massal berbasis rel, atau Mass Rapid Transit (MRT).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com