Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kebakaran Hanguskan Empat Toko Mebel

Kompas.com - 10/03/2013, 03:28 WIB

SAMARINDA, KOMPAS.com — Kebakaran menghanguskan empat rumah toko (ruko) yang khusus menjual mebel di Jalan dr Sutomo, Samarinda, Kalimantan Timur, Sabtu malam. Kebakaran di wilayah RT 25, Kelurahan Sidodadi, Samarinda Ulu itu mulai terjadi sekitar pukul 23.30 Wita.

"Api diduga berasal dari permukiman warga di belakang ruko. Namun, saya tidak tahu pasti sumber api tersebut, sebab sebelum kejadian saya masih berada di rumah," ungkap H Rifai, pemilik keempat ruko yang hangus terbakar, ketika ditemui di lokasi kebakaran, Minggu (10/3/2013) dini hari.

Menurutnya, keempat ruko itu disewa oleh pedagang mebel yang juga tinggal di ruko tersebut. "Pada lantai bawah, ruko itu digunakan sebagai toko mebel sementara lantai atas untuk tempat tinggal," kata Rifai.

Kerugian atas kebakaran keempat ruko tersebut lanjutnya, ditaksir mencapai miliaran rupiah. Kobaran api terlihat begitu cepat membumbung ke udara karena ruko yang terbakar berisi sejumlah barang yang mudah terbakar.

Petugas kebakaran berupaya memblokade kobaran api agar tidak merambah ke ruko lainnya di sepanjang Jalan dr Sutomo dan permukiman warga di belakang ruko.

Belasan mobil pemadam kebakaran yang dikerahkan ke lokasi, sempat kewalahan memadamkan kobaran api. Pintu ruko yang terkunci dan terbuat dari baja juga menyulitkan petugas memadamkan api yang terus berkobar dari dalam ruko.

Api akhirnya bisa dikuasai satu jam lebih kemudian atau sekitar pukul 00.15 Wita, setelah petugas pemadam kebakaran bersama warga terus memblokade kobaran api sehingga tidak meluas.

"Saya melihat api mulai membumbung dari belakang ruko itu, kemudian dengan cepat merambah ke toko lainnya. Kami curiga, lantai dua ruko itu digunakan sebagi tempat kos-kosan sementara lantai bawah digunakan sebagai toko mebel," ungkap Wakil Ketua RT 40 Suji Rianto, yang rumahnya berada persis di depan ruko yang hangus terbakar.

Hingga Minggu dini hari, sejumlah petugas pemadam kebakaran masih terus melakukan proses pemadaman di puing-puing empat ruko yang terbakar tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com