Kompas.com - 12/03/2013, 00:22 WIB
EditorJodhi Yudono

JAKARTA, KOMPAS.com--Ondel-ondel setinggi sekitar lima meter ramaikan parade ogoh-ogoh yang berlangsung di Monas, Senin.

Dengan iringan tanjidor, ondel-ondel itu meramaikan enam belas ogoh-ogoh yang digotong sambil diiringi gamelan Bali.

Tidak hanya ogoh-ogoh, barongsai, marawis, dan reog ponorogo turut menjadi bagian dari Parade Ogoh-Ogoh dan Seni Budaya Nusantara.

Monas seakan berubah wujud menjadi miniatur Bali saat ribuan umat Hindu yang sebagian besar mengenakan pakaian tradisional menonton parade tersebut. Para pengunjung Monas turut menyaksikan dan mengabadikan momen itu.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau yang akrab dipanggil Ahok menyampaikan ucapan selamat hari nyepi pada para umat hindu yang berkumpul di Monas dalam Parade Ogoh-Ogoh dan Seni Budaya Nusantara.

"Mohon maaf jalannya pelan, takut jatuh," ujar Ahok yang memakai sarung ungu dengan ikat kepala Bali berwarna senada. Di balik sarung itu, Ahok mengenakan kemeja tangan panjang berwarna putih, celana panjang hitam, dan sepatu pantofel.

Ahok juga berpesan agar suku bangsa Indonesia selalu bersatu padu seperti beragam kesenian nusantara yang ikut tampil di parade ogoh-ogoh.

"Om shanti shanti shanti," tutupnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.