Kompas.com - 12/03/2013, 17:07 WIB
|
EditorLaksono Hari W

JAKARTA, KOMPAS.com - Perhatian datang begitu deras dari pengguna Kaskus terhadap Fahmi Rahardiansyah (19), pemuda yang berniat menjual ginjal untuk pengobatan orangtuanya. Ratusan pengguna Kaskus mengirimkan SMS dan komentar untuk memberikan jalan keluar kepada Fahmi, salah satunya dengan cara menggalang dana.

"Sejak posting kemarin, sudah banyak yang SMS minta nomor rekening untuk memberikan bantuan. Tapi saya enggak mau kalau langsung dikasih begitu saja. Kalau mau membantu, pengguna Kaskus lain ngajak melakukan penggalangan dana," kata Fahmi.

Fahmi menolak bantuan langsung melalui nomor rekening pribadinya karena tidak ingin dianggap sebagai penipu. Menurutnya, Kaskus merupakan wadahnya untuk mencari teman. Dia tidak akan melakukan penipuan dengan cara seperti itu. Hal tersebut dibuktikan dengan cara menyantumkan alamat lengkap dan nomor telepon dalam artikel yang ia kirim di situs Kaskus perihal penjualan ginjalnya.

Fahmi mengatakan, untuk penggalangan dana tersebut, pengguna Kaskus lain meminta rincian dana pengobatan ayah Fahmi. Rincian tersebut untuk mengetahui jumlah biaya perawatan ayahnya sampai sembuh. Rincian biaya itu akan ditayangkan di akun Kaskus milik Fahmi. "Hari ini sambil check up, saya mau tanya ke dokternya perincian biaya rumah sakit," kata Fahmi.

Sejak kemarin, beberapa anggota Kaskus telah memberikan bantuan berupa informasi mengenai pengobatan untuk ayah Fahmi. Salah satu orang Kaskuser bahkan langsung mendatangi rumahnya untuk memberikan bantuan akupuntur kepada ayah Fahmi.

"Ada juga yang mau kasih bantuan pengobatan gratis, tapi tempatnya di Padang. Untuk ongkos saja kan juga butuh uang besar, apalagi Ayah saya sudah enggak kuat lama di jalan," kata Fahmi.

Fahmi mengatakan, ia terpaksa menawarkan ginjalnya dengan imbalan uang karena terimpit masalah ekonomi untuk membiayai pengobatan orangtuanya. Penawaran itu ia sampaikan melalui situs komunitas Kaskus, Senin (10/3/2013). Ia menawarkan ginjalnya dengan imbalan Rp 50 juta.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.