Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wali Kota Jakpus Tinjau Lokasi Kebakaran Salemba

Kompas.com - 12/03/2013, 22:27 WIB
Zico Nurrashid Priharseno

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Wali Kota Jakarta Pusat Saefullah, Selasa (12/3/2013) malam, meninjau lokasi kebakaran di Jalan Salemba Bluntas, Gang I, RT 04 / RW 05 Kelurahan Paseban, Senen, Jakarta Pusat. Ia akan mengupayakan penanganan pasca-kebakaran, termasuk proses belajar di sekolah yang terkena kebakaran.

"Mengenai kasus kebakaran ini, kan, kebetulan ada sekolah yang akan melaksanakan ujian, jadi memang harus cepat penanganannya. Kami bantu agar anak-anak tetap bisa tes," ujar Saefullah di lokasi kebakaran, Selasa malam.

Kebakaran yang terjadi sekitar 12.30 WIB dan baru dapat dipadamkan sekitar pukul 14.30 itu menghanguskan 28 rumah dan menewaskan satu orang. Dalam kunjungannya, Saefullah menyempatkan diri menghadiri pemakaman Ketua RT04 Didi Suwardi yang meninggal dalam kebakaran itu. "Kami sudah memakamkan korban meninggal," ujar Saefullah.

Ia mengatakan akan berdialog dengan pengurus Sekolah Advent II karena sekolah itu juga menjadi korban kebakaran. Dialog akan dilakukan pada Rabu (13/3/2013) untuk membahas soal bantuan yang diperlukan agar dokumen penting yang terbakar dapat diganti dengan mudah dan ujian tetap dapat terlaksana.

Terkait penanganan korban kebakaran, Saefullah mengatakan pemerintah akan menyediakan makanan tiga kali sehari, air bersih, dan tim kesehatan yang siaga selama satu pekan di tempat pengungsian.

Sementara itu, mengingat lokasi kebakaran tidak termasuk dalam program kampung deret, pemerintah berupaya meringankan beban para korban dalam rekonstruksi tempat tinggal agar dapat kembali ke rumah masing-masing secepatnya.

 

Api yang menjalar ke sekolah tersebut menghanguskan kelas di lantai dua dan tiga sekolah itu. Ada delapan ruangan yang terbakar di dua lantai tersebut. Ruangan yang terbakar ialah ruang kepala sekolah, tata usaha, perpustakaan, laboratorium komputer, dan ruang guru di lantai tiga. Tiga ruangan lain yang terbakar di lantai dua adalah ruangan kelas

"Tadi guru lagi rapat, tapi tiba-tiba ruangan jadi terasa panas. Kami belum tahu kalau ada kebakaran. Kami akan beri tahukan kepada siswa nanti, setelah sudah kondusif," ujar Tiamin (54), seorang guru di sekolah itu. Pihak sekolah belum memutuskan akan dipindahkan ke mana proses belajar-mengajar di sekolah itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com