Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Basuki: Pak Gubernur Lebih Pintarlah

Kompas.com - 13/03/2013, 12:45 WIB
Kurnia Sari Aziza

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Keoptimisan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo mampu menyelesaikan masalah makam Mbah Priok yang dilintasi akses jalan tol Tanjung Priok, juga didukung oleh wakilnya, Basuki Tjahaja Purnama. Menurut Basuki, Jokowi lebih pintar untuk menyelesaikan masalah tersebut.

"Pak Gubernur punya caranya. Pak Gubernur lebih pintarlah kalau soal itu," kata Basuki di Balaikota Jakarta, Rabu (13/3/2013).

Mantan Bupati Belitung Timur itu menyerahkan seluruh urusan lahan tersebut kepada Jokowi. Selain itu, pembangunan tol itu juga akan menggunakan dana Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN), jadi DKI sama sekali tak mempermasalahkan pembangunan tol tersebut.

Sementara itu, Jokowi mengaku akan segera menemui ahli waris lahan di Jalan TPU Dobo, Kelurahan Koja, Kecamatan Koja, Jakarta Utara. Ia juga berjanji akan mengedepankan ruang dialog demi mendapatkan jalan keluar yang tidak merugikan semua pihak.

Mantan Wali Kota Surakarta itu menjelaskan, pembebasan lahan perlu dilakukan karena menyangkut akses ke Pelabuhan Tanjung Priok yang semakin padat. Ia mengatakan, kesibukan lalu lintas di Pelabuhan Tanjung Priok saat ini meningkat dua kali lipat.

"Bisalah, ini kan masalah bicara, cara pendekatan, karena kita pendekatan yang baik, bukan represif," ujarnya.

Hingga pekan kedua Februari 2013, progres pengerjaan konstruksi akses tol Tanjung Priok ini baru mencapai 50 persen, sedangkan pengoperasian jalan bebas hambatan ini ditargetkan bisa dimulai pada 2014. Proyek yang dibiayai oleh pinjaman dari Japan International Cooperation Agency (JICA) sebesar Rp 4,5 triliun ini juga masih terkendala pembebasan lahan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com