Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yo..yo..yo... "Blusukan" Jokowi dalam Lagu Rap

Kompas.com - 14/03/2013, 11:02 WIB
Indra Akuntono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Hobi blusukan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo menularkan banyak hal untuk awak media yang setiap hari mengikutinya. Tak terkecuali Muhammad Sofyan (24), tim liputan dari KompasTV yang bertugas sebagai driver.

"Blusukan... come on, check it out.. blusukan.. blusukan...," begitu Muhammad Sofyan menyanyikan lagu ciptaannya yang berkisah tentang Jokowi. Berbekal talenta bernyanyi dengan genre rap, ia mencipta sebuah lagu berdurasi 3,05 menit dengan judul "Blusukan" yang dinyanyikannya sendiri.

Ditemui di Balaikota Jakarta, Kamis (14/3/2013), Fian (sapaan akrabnya) menyampaikan bahwa lagu tersebut sengaja ia ciptakan atas dorongan dari seorang teman wartawan. Semua lirik dalam lagu tersebut diangkat dari kisah nyata bagaimana para wartawan mengikuti Jokowi blusukan hampir setiap hari.

Dalam lagunya, Fian menceritakan detail bagaimana para wartawan mengikuti orang nomor satu di Jakarta sejak pagi hari. Dimulai dari rumah dinas Gubernur di Taman Suropati Nomor 7, Menteng, Jakarta Pusat, sampai ke permukiman padat di penjuru Ibu Kota.

Pria yang menyukai musik rap sejak duduk di bangku SMP ini juga menyelipkan bagaimana sulitnya mengejar Jokowi. Dalam beberapa kesempatan, para wartawan terpaksa kebut-kebutan demi mendapatkan momen Jokowi saat berbelanja masalah di kampung-kampung kumuh.

"Lagu ini terinspirasi karena sering ikut blusukan. Ada teman juga yang ngusulin, saya bikinnya cuma sehari," kata Fian kepada Kompas.com.

Selain lagu blusukan, Fian juga telah menciptakan beberapa lagu solo dan grup lainnya. Sampai saat ini ia memilih untuk menyimpan lagu-lagu ciptaannya sebagai koleksi pribadi dan belum memiliki rencana untuk mengomersialkan. Tertarik untuk mendengarkan lagunya? Silakan download MP3-nya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com