Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peninggian Separator Ditambah di Beberapa Koridor

Kompas.com - 14/03/2013, 11:36 WIB
Fransisca Romana Ninik

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Dinas Perhubungan DKI Jakarta berencana menambah peninggian separator di koridor-koridor bus transjakarta. Tahun ini, penambahan separator ditargetkan sepanjang 30 kilometer.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Udar Pristono, Kamis (14/3/2013), di Balai Kota, mengatakan, saat ini separator yang ditinggikan baru sepanjang 30,142 kilometer. "Total panjang separator 340,3 kilometer. Dari sepanjang itu, baru 10 persennya yang ditinggikan selama setahun kemarin," kata Pristono.

Anggaran peninggian separator jalur bus Transjakarta tahun lalu mencapai Rp 24 miliar untuk beberapa bagian di koridor II, III, V, VI, dan VIII. Tahun ini anggaran peninggian separator Rp 25 miliar.

Kendati separator sudah ditinggikan, Pristono mengakui masih banyak terjadi penyerobotan jalur bus Transjakarta oleh kendaraan umum dan kendaraan pribadi. Untuk memperkuat pengawasan, Dinas Perhubungan telah meminta tambahan personel dari Satuan Polisi Pamong Praja.

"Kami terus meminta penambahan personel, karena personel Dishub hanya 600 orang, tidak cukup untuk mengawasi seluruh koridor Transjakarta. Peninggian separator sudah dipilih di titik-titik yang rawan penyerobotan," kata Pristono.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com