Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi: Kita Bertindak Ada Konsep

Kompas.com - 14/03/2013, 15:04 WIB
Indra Akuntono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo menegaskan bahwa rencana seleksi dan promosi terbuka (lelang jabatan) akan dilakukan terkonsep. Semuanya telah melewati rencana dan tahapan perencanaan yang terstruktur.

"Yang jelas setiap kita bertindak itu ada konsepnya, ada perencanaannya. Kita ini bukan malamnya mikir, paginya bertindak, tapi semuanya terkonsep," kata Jokowi di Balaikota Jakarta, Kamis (14/3/2013).

Saat ini, kata Jokowi, proses seleksi dan promosi terbuka telah sampai pada pembentukan tim rekrutmennya. Dalam laporan yang diterimanya juga tercantum beberapa orang yang terdaftar mengikuti seleksi dan promosi terbuka itu.

Rencana seleksi dan promosi terbuka ini pertama kali dilontarkan oleh Wakil Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama. Basuki beranggapan banyak pejabat Pemprov DKI yang bekerja tidak sesuai kompetensinya.

Mantan Bupati Belitung Timur ini mengungkapkan bahwa seleksi dan promosi pertama kali akan menyasar pejabat di level lurah dan camat. Alasannya, lurah dan camat adalah pamong terdepan yang mengerti permasalahan dan bersentuhan langsung dengan masyarakat. Semua PNS yang dimungkinkan secara kepangkatannya dapat mengikuti seleksi terbuka ini.

Basuki juga menjamin keterbukaan dalam proses yang secara teknis akan dilakukan oleh Badan Kepegawaian Daerah (BKD) tersebut. Termasuk memberi kesempatan pada semua PNS untuk berkompetisi sehat mengajukan diri sebagai lurah dan camat. Tolak ukur penilaian adalah visi, misi, dan evaluasi kinerja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com