Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi dan Menpera Bangun Rusun untuk Buruh

Kompas.com - 15/03/2013, 13:13 WIB
Indra Akuntono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Ada kabar baik untuk buruh di Jakarta dari Kemenpera dan Pemprov DKI. Kemenpera siap menggelontorkan dana miliaran rupiah untuk menyokong pembangunan rumah susun sederhana sewa (rusunawa) di wilayah DKI Jakarta.

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo menjelaskan, pihaknya telah menyediakan puluhan hektar lahan di tiga titik, yakni Rawa Bebek, Daan Mogot, dan Kawasan Berikat Nusantara (KBN). Di tiga titik itu, nantinya akan berdiri sekitar 11-12 twin block yang tarif sewanya diberikan sangat murah.

Khusus untuk rusun di Rawa Bebek, lahan seluas 17 hektar telah disiapkan oleh Pemerintah Provinsi DKI guna pembangunan 14 blok rusun. Namun begitu, seluruh rusun itu hanya diberikan khusus untuk para pekerja.

"Di Rawa Bebek nanti kita akan bangun enam blok, syukur-syukur kalau Kemenpera nambahin jadi delapan, itu baik sekali. Kalau enggak ya kita bangun sendiri," kata Jokowi di Hotel Sultan, Jakarta, Jumat (15/3/2013).

Mengenai tarifnya, mantan Wali Kota Surakarta ini belum bisa memutuskannya. Namun begitu, estimasinya sesuai dengan yang diusulkan oleh Pemerintah Pusat, yakni sekitar Rp 350.000 per bulan. Tarif sebesar itu dibagi untuk biaya sewa kamar Rp 300.000, dan biaya sewa tempat tidur sebesar Rp 50.000 di setiap bulannya.

Selain diberikan tarif sewa yang murah, Pemprov DKI juga siap memberikan rusun tersebut full furnished. Sumber anggarannya akan ditopang melalui APBD Perubahan. "Ini untuk pekerja, kalau rusun untuk masyarakat harus dibedakan lagi," ujarnya.

Sebelumnya, Menteri Perumahan Rakyat (Menpera) Djan Faridz bersama Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Menakertrans) Muhaimin Iskandar, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, Wakil Gubernur Banten Rano Karno, Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X, Sekretaris Daerah Jawa Timur, dan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo melakukan penandatanganan kesepakatan bersama mengenai penyediaan rusunawa bagi pekerja/buruh di Indonesia. Penandatanganan itu dilakukan dalam Rapat Konsultasi Regional Kemenpera 2013 di Hotel Sultan, Jakarta.

Selain di Jakarta, Kemenpera juga akan membangun rusunawa serupa di daerah-daerah tersebut. Seluruhnya, jumlah rusunawa yang akan dibangun oleh Kemenpera mencapai 35 twin block dengan alokasi anggaran Rp 16 miliar per twin block-nya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com