Kompas.com - 15/03/2013, 18:58 WIB
|
EditorAna Shofiana Syatiri

JAKARTA, KOMPAS.com - Dua orang pekerja tempat pembuatan furnitur yang digerebek polisi karena terkait terorisme, Jumat (15/3/2013) subuh, dikenal kerap berdiskusi tentang agama kepada tetangganya. Bahkan, keduanya kerap mempertentangkan nilai-nilai agama yang dianut.

Eko Suntyono (35), seorang warga setempat mengatakan, dua orang penghuni yang dikenalnya bernama Agus dan Sam. Keduanya berusia sekitar 30 tahun. Mereka pekerja bengkel pembuatan furnitur milik Edi, warga Tambun, Jati Mulya, Bekasi.

"Saya sempat didoktrin juga, tapi enggak bisa. Biasa dia ngomongin perdebatan agama gitu," ujar Eko saat ditemui Kompas.com di lokasi.

Atas dasar itulah, Eko menganggap keduanya menganut ajaran agama garis keras. Namun, Eko tak mencurigai keduanya hingga ke arah aktivitas terorisme. Sebab, sehari-hari, Eko tak pernah melihat hal-hal atau perilaku yang mencurigakan dan mengarah ke tindakan makar tersebut.

Eko pun mengaku, dari perbincangan yang dilakukannya dengan kedua pekerja itu, mereka tidak pernah sampai mengajak Eko untuk melakukan perbuatan makar atau yang lainnya. "Enggaklah. Cuma kita kan paham saja, mana yang garis keras mana yang bukan," ucapnya.

Eko menuturkan, Agus dan Sam baru datang dari kampung halamannya masing-masing sejak satu bulan meninggalkan bengkel kerjanya. Agus mengaku dari Padang dan Sam dari Tegal. Namun, Eko tak berani memastikan apakah mereka adalah orang yang ditangkap polisi atau bukan.

"Karena saya enggak lihat jelas. Yang saya lihat tadi cuma satu orang, itu pun ditutup kepalanya pakai masker," ujar Eko.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.