Kompas.com - 18/03/2013, 16:32 WIB
|
EditorAna Shofiana Syatiri

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu pelaku perampokan di toko emas Tambora, Jakarta Barat, berinisial M, ikut terlibat perampokan di CIMB, Medan. Dia diketahui sebagai yang menenteng senapan serbu jenis AK-47.

"Tersangka M, dia adalah pelaku perampokan di CIMB di Medan. M pelaku yang pegang senjata AK-47," kata Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya Kombes Pol Toni Harmanto di Mapolda Metro Jaya, Senin (18/3/2013).

M yang diduga sebagai otak dari perampokan emas yang terjadi di Tambora, Jakarta Barat, juga terlibat kegiatan terorisme diketahui satu kelompok pula dalam kasus bom di Beiji, Depok, Jawa Barat. Mereka terlibat dalam beberapa aksi perampokan untuk membiayai kegiatan terorisme.

Komplotan perampok tersebut sebelumnya sudah melancarkan aksi pencurian di tiga tempat berbeda yakni pada Desember 2012 di toko material, dan pada Januari 2013 masing-masing di kantor pos dan di toko handphone. Toni menyebut target para terduga teroris ini yakni instansi militer dan juga instansi kepolisian untuk menjadi sasaran pengeboman.

"Rencananya sampai sejumlah uang itu tercukupi dulu. Itu nanti akan untuk melengkapi, kelihatannya mungkin untuk bahan peledak. Itu sampai mungkin amunisi mereka meledakkan itu cukup," ujar Toni.

Saat penangkapan, polisi menembak mati tiga orang. Sementar empat orang lainnya ditangkap hidup. Saat ini, satu pelaku yang masih buronan petugas berinisial F masih dilakukan pengejaran. Polisi menyatakan para pelaku merupakan jaringan teroris Abu Umar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.