Kompas.com - 19/03/2013, 16:42 WIB
|
EditorAna Shofiana Syatiri

JAKARTA, KOMPAS.com — Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja mempersilakan pengusaha yang mengancam keluar dari Jakarta untuk pindah ke Jawa Tengah karena tidak mampu membayar upah minimum provinsi (UMP) Rp 2,2 juta. Menurutnya, Pemprov DKI tidak sembarangan memutuskan kebijakan itu.

"Yang tidak mampu, ya silakan minggir. Jakarta bukan imperialis kok. Kita akan bermain di bisnis yang  memang mampu. Kalau tidak mampu, ya silakan pindah ke Jawa Tengah," kata Basuki di Balaikota Jakarta, Selasa (19/3/2013).

Pria yang akrab disapa Ahok itu menyatakan, permasalahan utama bukanlah pada batasan UMP, melainkan pada batas kebutuhan hidup layak (KHL). KHL yang telah ditetapkan sebesar Rp 1.978.000,00. Itu harus dipenuhi oleh semua perusahaan.

Basuki juga menegaskan tidak akan memanggil perusahaan-perusahaan itu untuk mengurungkan niat mereka pindah dari Ibu Kota. "Kita sebenarnya sudah bicara beberapa kali kok. Tidak mungkin kalau bicara sama mereka, tapi tetap ngotot di bawah KHL. Kamu mau jadikan orang Jakarta budak kamu apa?" kata Basuki.

Apabila perusahaan-perusahaan itu menyingkir dari Ibu Kota, apa Jakarta akan merugi? Menurut Basuki, DKI hanya akan sedikit merugi karena kurang produktif. Namun, dia optimistis akan datang pengusaha lainnya yang membuka usaha di Ibu Kota. Selain itu, DKI juga beruntung karena jumlah penduduk DKI yang bukan asli akan semakin berkurang.

"Bukan kita mau sok mengusir mereka. Karena itu berarti perusahaannya sudah tidak layak di Jakarta. Jadi, kita enggak sombong-sombongan, kita bicara KHL. Kalau tidak bisa bayar KHL, berarti pindah keluar. Keputusan Anda benar, pindah ke Jawa Tengah," ujar Basuki.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.