Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Ingin Pasar Poncol Jadi Modern

Kompas.com - 20/03/2013, 11:16 WIB
Indra Akuntono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejak menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo selalu ingin mengubah pasar tradisional menjadi modern. Begitu juga dengan Pasar Poncol di Kelurahan Bungur, Kecamatan Senen, Jakarta Pusat, yang akan direvitalisasi tahun ini.

"Tahun ini akan kita bangun biar lebih baik, pedagang biar nyaman dan senang," kata Jokowi saat meninjau lokasi pasar tersebut, Rabu (20/3/2013) siang.

Ke depan, kata Jokowi, Pasar Poncol akan diubah menjadi pasar yang bersih dan tertata baik. Konsepnya seperti pasar tradisional yang menggunakan manajemen pasar modern.

Selama proses pembangunan, Jokowi berniat memindahkan sementara seluruh pedagang. Namun begitu, rencana ini masih terus digodok dan baru akan dilakukan saat hasil kajiannya benar-benar matang.

"Tapi tetap dengan catatan pedagang tidak terbebani. Soal relokasi itu gampang, makanan saya sehari-hari. Kita matangkan (rencananya), pedagang diajak bicara, ini hanya akan diperbaiki, bukan relokasi," ujarnya.

Untuk mewujudkan rencana itu, Jokowi sudah berkeliling di Pasar Poncol. Didampingi Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UMKM) DKI Ratna Ningsih, Jokowi menyusuri pedagang perkakas dan elektronik bekas di pasar tersebut.

Dari situ, ia lanjut menilik lapak penjual pakaian bekas. Dia juga sempat masuk sampai ke belakang, ke tempat para penjual sayuran menjajakan dagangannya. Setelah sempat berdialog sebentar, ia lalu pergi meninggalkan Pasar Poncol dan kembali ke Balaikota Jakarta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com