Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pak Jokowi, Ini Bio Bemo Tanpa Bahan Bakar

Kompas.com - 20/03/2013, 14:44 WIB
Zico Nurrashid Priharseno

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Satu lagi karya anak bangsa tercipta. Hendrico Halim berhasil menciptakan bemo yang dapat beroperasi tanpa bahan bakar, yang diberi nama bio bemo. Bio bemo ini menggunakan empat baterai yang tersimpan di bawah badan bemo tersebut.

Halim mengatakan, ia terinspirasi membuat bio bemo ini karena melihat kondisi bemo-bemo saat ini sudah sangat memprihatinkan dan sebenarnya sudah tidak layak jalan. Selain itu, hampir seluruh bemo yang ada menyebabkan polusi dengan asap pembuangan dari bahan bakarnya.

"Bemo ini tidak menggunakan bensin. Kita memakai aki untuk menjalankannya," ujar Hendrico ketika ditemui di depan gedung Balaikota Jakarta, Rabu (20/3/2013).

Bio bemo tersebut digerakkan oleh energi yang tersimpan di dalam empat baterai 12 Volt. Total tegangan sistem 48 Volt ini mampu memutar motor listrik sejauh 50 kilometer.

Ketika baterai itu habis, bio bemo bisa di-charge. Caranya, hanya perlu dicolok ke outlet listrik PLN dengan daya 1.300 Watt dan bertegangan 220 Volt. Proses pengisian ulang seluruh baterai ini butuh waktu delapan jam.

Bio bemo ini juga sudah diujicoba dari Stasiun Beos ke kediaman Hendrico yang berada di kawasan Kemang, Jakarta Selatan. Rencananya, Hendrico akan menemui Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo untuk membicarakan hal ini.

"Pemprov pada tahun 2010 katanya mau beri solusi kepada bemo, tapi sampai sekarang belum ada tanggapan. Makanya kami mau memberikan bemo bio ini," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com