Kompas.com - 20/03/2013, 16:16 WIB
|
EditorKistyarini

PAMEKASAN, KOMPAS.com — Bayi laki-laki anak dari pasangan suami istri Irsyad (33) dan Busana (25), warga Dusun Gunung, Desa Kaduara Timur, Kecamatan Peragaan, Sumenep, Jawa Timur, tertukar dengan bayi lainnya di RS dr Slamet Martodirjo Pamekasan. Tertukarnya bayi tersebut diketahui setelah bayi dibawa pulang dari rumah sakit, Selasa (19/3/2013) kemarin.

Muhammad Amin, kerabat Irsyad, saat dihubungi Kompas.com, Rabu (20/03/2013), menjelaskan, ibu si bayi melahirkan pada Jumat (15/3/2013) melalui operasi caesar karena bidan setempat tidak mampu menanganinya. Bayi yang dilahirkan berjenis kelamin laki-laki. Karena kondisinya masih lemah, bayi dirawat di dalam inkubator.

"Hari Senin ibu bayi pulang dari rumah sakit karena dokter sudah mengizinkan. Sementara si bayi masih dirawat di rumah sakit karena kondisinya masih lemah," ungkap Amin.

Sehari berikutnya, kondisi bayi sudah bisa dibawa pulang. Tanpa banyak bertanya, Irsyad didampingi kerabat lainnya langsung membawa pulang bayi yang disodorkan perawat.

Tiga jam kemudian, ketika saat hendak membersihkan bayi itu, sang ibu kaget bukan main karena bayinya berjenis kelamin perempuan.

"Semuanya heran karena selama tiga hari dirawat di rumah sakit, jenis kelaminnya laki-laki. Ini pasti tertukar dengan bayi orang lain," imbuh Amin.

Hari itu juga si bayi dikembalikan ke rumah sakit untuk ditukar kembali dengan bayi yang dilahirkan Busana. Amin menceritakan, Irsyad sempat dimarahi perawat karena tidak memeriksa bayinya sebelum membawanya pulang.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Orangtuanya kan tidak tahu si bayi ditempatkan di sebelah mana. Selain itu, yang menyerahkan si bayi adalah perawatnya. Justru yang disalahkan adalah orangtuanya sendiri," ungkap Amin.

Ternyata bayi itu tertukar dengan bayi warga Desa Camplong, Kecamatan Camplong, Kabupaten Sampang. Keluarga itu juga mengakui bahwa bayinya tertukar dengan bayi lain. Kedua keluarga itu pun saling mengembalikan bayi yang sempat mereka bawa pulang.

Tukar-menukar bayi itu berlangsung lama. Pasalnya, yang di Sampang juga mengaku tidak tahu kalau anaknya tertukar dan sudah dibawa pulang dari rumah sakit.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.