Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Meninggal, Bayi Evan Diduga Korban Malapraktik

Kompas.com - 21/03/2013, 14:09 WIB
Neli Triana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Bayi mungil, Evan, yang baru lahir pada Selasa (19/3/2013) lalu meninggal dunia setelah disuntik vaksin. Evan yang lahir secara normal, tetapi dengan berat prematur 2,2 kg di bawah berat normal, tiba-tiba saja dberikan suntikan tanpa sepengetahuan kedua orangtuanya.

Menurut informasi dari Satgas PA yang dihimpun dari keterangan kedua orangtua Evan, pihak rumah sakit hanya memberi penjelasan bahwa itu vaksinasi biasa. Padahal bayi hanya boleh disuntik jika berat badannya minimal 2,5 kg.

Seusai disuntik, Evan langsung mengalami panas tinggi dan tidak mau makan. Akhirnya Evan mengembuskan napas terakhir pada Kamis (21/3/2013) pukul 08.30 saat berusaha ditolong RS Sari Asih, Ciledug. Bayi Evan sendiri diinformasikan lahir di RS Fatmawati, Jakarta Selatan.

Kini Evan disemayamkan di rumah kontrakan kedua orangtuanya di Jalan Prof Dr Hamka, Gang Sadeli, Kampung Gaga Masjid RT 05/RW 01 Larangan Selatan, Larangan, Tangerang. Hendri (ayah) rencananya akan meminta pertanggungjawaban kepada pihak RS Fatmawati, Jumat (22/3/2013).

Kepada Kompas, Direktur Medik & Keperawatan RS Fatmawati Lia G Partakusuma menyatakan akan segera memberi penjelasan tentang kasus ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com